Dinas TPH Lambar Sosialisasikan Aplikasi SI-PDPS dan BP TP

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Tanaman Pangan dan Hortukultura (TPH) Lampung Barat menggelar kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Pengumpulan Data Pangan Strategis dan Bantuan Pemerintah (SI-PDPS dan BP TP).

Acara yang diikuti oleh petugas reporter SI-PDPS berjumlah 15 orang di seluruh kecamatan di Lampung Barat tersebut dilaksanakan di Aula Dinas setempat.

Kepala Dinas TPH Ir. Rusdi didampingi Kabid TP Ir. Onni Violetta  dalam arahannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah menerapkan sistem baru dalam pelaporan luas tambah tanam dan panen pajale melalui aplikasi SI-PDPS dan Banpem TP.

Rusdi melanjutkan bahwa data adalah salah satu aspek penting dalam menyusun perencanaan, perumusan kebijakan, pengukuran kinerja pertanian khususnya sub sektor tanaman pangan.

“Untuk mendapatkan data akurat, terpadu dan mudah diakses diperlukan tata kelola data yang dihasilkan pemerintah melalui penyelenggaraan satu data,” ungkapnya. 

Sementara Kabid Tanaman Pangan Onni Violetta selaku leading sektor kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Dirjen Tanaman Pangan No.236/HK.310/C/10/2020 tentang Pedoman Pengumpulan Data Produksi Tanaman Pangan Berbasis Tabular dan Spasial yang bertujuan menerapkan sistem pelaporan terkait luas tambah tanam dan panen pajale melalui aplikasi SI- PDPS dan Banpem TP.

Kegiatan yang diisi oleh pemateri Onni Violleta, yang juga sebagai Kabid Tanaman Pangan tersebut menyampaikan dua materi sekaligus yaitu materi terkait panduan reporter SI-PDPS dan Banpem TP serta panduan input data SI-PDPS dan Banpem TP. (nop/mlo)




Pos terkait