Dinkes Lambar Gelar Pertemuan Penyuluhan Keamanan Pangan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lambar menggelar pertemuan penyuluhan keamanan pangan bagi industri rumah tangga pangan di Aula Hotel Sari Rasa Kecamatan Balikbukit, Rabu (1/9).

Kepala Dinkes dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B mengungkapkan, kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) dalam rangka penerbitan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPPIRT) ini telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat sejak tahun 2016. 

Bacaan Lainnya

Menurut dia, dalam penyuluhan keamanan pangan ini disampaikan materi-materi tentang peraturan perundang-undangan di bidang pangan, keamanan dan mutu pangan, teknologi proses pengolahan pangan, sanitasi pangan, cara produksi pangan yang baik untuk IRTP, penggunaan bahan tambahan pangan, hingga persyaratan label dan iklan pangan.

“Diharapkan setelah mengikuti penyuluhan ini, para pelaku usaha IRTP dapat menerapkan prinsip-prinsip keamanan pangan secara konsisten sehingga nantinya produk IRTP yang diedarkan aman, bermutu, dan layak untuk dikonsumsi,” kata dia.

Widyatmoko mengimbau kepada seluruh peserta untuk segera mengurus SPPIRT ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja,setelah mendapatkan sertifikat PKP dari Dinas Kesehatan. “Hasil pelatihan yang lebih penting adalah bukan hanya berupa sertifikat tetapi diharapkan dalam proses produksi pangan pembuatan produk pangan memenuhi cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga pangan,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait