Dinkes Lambar Lakukan Verifikasi ODF di Suoh

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat, didampingi tim dari Puskesmas Suoh, melakukan verifikasi Open Defecation Free (ODF) di Pekon Sukamarga dan Pekon Ringinsari Kecamatan Suoh, yang dipimpin langsung Kabid Bina Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Lambar Erna Yanti, S.Farm, Apt, MPH., pada Senin (5/4). 

Erna Yanti mengungkapkan, sebanyak 131 pekon di kabupaten ditargetkan 100 % mencapai ODF pada tahun anggaran 2021 ini. Untuk memastikan bahwa telah benar-benar tercapai, maka pihaknya turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi.

Bacaan Lainnya


”Hari ini kami turun ke Kecamatan Suoh, untuk melakukan verifikasi terhadap dua pekon, insha allah tidak ada kendala dan hasilnya sesuai dengan harapan, sehingga target 100 % ODF tahun ini bisa  tercapai,” ungkapnya.

Dijelaskan, tahun 2020 lalu sebanyak 60 pekon yang maju lolos untuk ODF, ditambah 2019 ada 10 pekon yang  mendapatkan masuk ODF. Sehingga ada 64 pekon yang belum ODF. Sehingga pihaknya menargetkan, sesuai RPJMD, semua pekon harus ODF pada 2021 ini. 

”Hal ini penting untuk mengikuti Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award pada tahun ini,” kata Paijo.

Dijelaskan, ODF merupakan salah satu upaya strategi penurunan stunting. Dimana, angka stunting Lambar berdasar survei pemantauan status gizi sebesar 37,3 % pada 2018. Kemudian 32,96 % pada 2019 dan turun 22,23 %. Saat ini angka stunting di Lambar tinggal 11,9 %. Jika dibandingkan dengan strategi nasional, maka kabupaten itu jauh lebih baik kondisi anak balita.

”Semoga dengan berbagai upaya yang kita lakukan, angka stunting di Lambar bisa nol. Bahkan saat ini ada beberapa pekon yang sudah nol stunting. Ada juga yang hanya di bawah lima dan kita berikan penghargaan peratinnya,”  pungkasnya. (nop/mlo)




Pos terkait