Dinkes Lambar Tambah Lima Ambulance Hebat

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dari 15 Ambulance Hebat di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat, terdapat lima ambulance hebat yang masih memanfaatkan kendaraan puskesmas keliling untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karenanya, tahun anggaran 2020 ini Pemkab setempat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan membeli lima kendaraan ambulance hebat untuk memenuhi kebutuhan di lima kecamatan tersebut.

Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) Dinkes Lambar Endiawan, S.T, M.T., mengatakan, penambahan lima mobil ambulance hebat yang akan di peruntukkan di kecamatan-kecamatan yang memang belum memiliki ambulance hebat seperti kecamatan Batubrak, Sekincau, Airhitam, Gedungsurian, Waytenong, dan Sumberjaya.

Bacaan Lainnya



”Kami juga akan melakukan rekrutmen tim ambulan hebat yang terdiri dari driver, bidan dan perawat. Jadi setiap mobil ambulance hebat masing-masing ditugaskan tiga orang petugas yaitu driver, bidan dan perawat untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat di masing-masing kecamatan,”  ungkap Endiawan.

Dijelaskan, ambulance hebat ini fungsinya bukan berarti dia melakukan rujuk langsung terhadap pasien, jadi petugas akan melakukan penanganan terlebih dahdulu apakah cukup di rumah saja atau harus dibawa ke Puskesmas, dan jika pasien darurat maka bisa langsung merujuk ke Faskes terdekat.

”Alhamdulillah keberadaan Ambulance hebat sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, terlebih dilengkapi dengan petugas  yakni  bidan, perawat dan juga dokter yang standby di puskesmas, sehingga melalui ambulance hebat ini maka pelayanan akan lebih cepat,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat sebelumnya hanya memiliki 10 armada ambulance hebat, selama ini lima kecamatan menggunakan kendaraan Pusling Puskesmas setempat. Meski tidak ada kendala dalam pelayanan, namun keberadaan ambulance hebat lebih efektif mengingat juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang di dalamnya sehingga penanganan awal bagi pasien bisa lebih maksimal.(nop/lus/mlo)



Pos terkait