Dinkes Lambar Terima Penghargaan Terbaik Penerapan E-Logistik Tahun 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat mewakili Provinsi Lampung menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota terbaik penerapan E-Logistik tahun 2021.

Penghargaan diperoleh dari Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan. 

Bacaan Lainnya


Penghargaan tersebut diberikan pada acara Rapat Koordinasi Nasional Program Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis (29/4) hingga Sabtu (1/5), dimana penilaian telah dilakukan sejak tahun 2020. 

Kepala Dinas Kesehatan dr. Widyatmoko Kurniawan, S.Pb., didampingi Kabid Sumberdaya Kesehatan (SDK) Wasis Supriyadi, S.T, M.Ak., mengungkapkan, selain Dinas Kesehatan Kabupaten Lambar, turut mendapatkan penghargaan penerapan E-Logistik terbaik yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Karang Anyar Provinsi Jawa Tengah.

Dijelaskannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat melalui Instalasi Farmasi telah melakukan penerapan E-Logistik sejak tahun 2017, dan baru tahun ini meraih penghargaan tersebut, bersaing dengan ratusan Kabupaten/Kota dari 16 Provinsi di Wilayah Regional Barat Republik Indonesia, meliputi wilayah Sumatera, Jawa, dan sebagian Kalimantan. 

“E-logistik merupakan suatu sistem manajemen logistik obat dan bahan medis habis pakai (BMHP) yang dikembangkan dalam bentuk aplikasi dan digunakan di semua tingkat instalasi farmasi pemerintah, baik dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan. 

Melalui aplikasi E-Logistik ini, lanjut dia, data pencatatan manajemen logistik obat dan BMHP dapat dikelola secara lebih baik, dari mulai penerimaan, pendistribusian, serta pelaporan ketersediaan obat dan BMHP.

“Harapan dengan diperolehnya penghargaan ini, yaitu semoga bisa menjadi motivasi bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Lambar untuk dapat lebih baik lagi di dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” pungkas dia. (lus/mlo)




Pos terkait