Dinkes Pesbar Laksanakan Vaksinasi Tahap Kedua

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), mulai melaksanakan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tahap kedua yang dilaksanakan di sejumlah Puskesmas di kabupaten setempat.

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK, Arfi Julizar, S. Km., mengatakan pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua itu, terdapat 750 petugas pelayan publik yang masuk dalam sasaran, tapi dari jumlah itu belum terpenuhi semua.

Bacaan Lainnya


“Ada 1.500 dosis yang disiapkan untuk vaksinasi Covid-19 tahap dua ini, tapi jumlah dosis itu belum digunakan semua, karena pemberian vaksin dilaksanakan dua kali untuk satu orang,” kata dia.

Dijelaskannya, pemberian vaksin itu dilakukan secara bertahap, yang dilaksanakan secara langsung di masing-masing puskesmas, terutama yang memiliki sasaran penerima vaksin di masing-masing wilayah.

“Hanya ada empat puskesmas yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini, karena tidak semua Puskesmas ada sasaran penerima vaksin itu,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaanya, setiap orang penerima vaksin, akan menerima dua kali vaksin, dengan rentang waktu 14 hari, jadi vaksinasi kedua akan dilaksanakan minimal pada 28 Maret mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Kabupaten Pesbar, mulai dari Kecamatan Lemong, Pulau Pisang hingga Kecamatan Bangkunat dengan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan vaksinasi itu dirinya memastikan dilaksanakan secara gratis, karena vaksin itu merupakan bantuan langsung dari pemerintah pusat.

“Sama seperti pelaksanaan vaksin tahap pertama, pemberian vaksin ini gratis jadi masyarakat yang akan mendapatkan vaksin jangan khawatir karena tidak akan dikenakan biaya, semua sudah ditanggung pemerintah,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait