Dinkes Pesbar Mulai Vaksinasi Ibu Hamil

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan pencanangan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), bagi ibu hamil di kabupaten setempat, yang dilaksanakan di Puskesmas Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (24/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Pesbar A. Zulqoini Syarif, S.H., Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km., Ketua TP-PKK Pesbar Hj. Septi Istiqlal., Ketua Dharma Wanita Persatuan Farida Miladiyah Lingga., Perwakilan RSUD. KH. Muhammad Thohir, Forkopimda dan ibu hamil sasaran vaksinasi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pesbar A. Zulqoini Syarif., menyampaikan vaksinasi ibu hamil merupakan salah satu strategi penanganan Covid-19, di mana banyak penelitian yang dilakukan telah menyatakan vaksin Covid-19 ini aman dan halal serta dapat memberikan rasa aman selama masa kehamilan hingga persalinan.

“Pelaksanaan vaksinasi ibu hamil yang pertama dilaksanakan hari ini, dipastikan aman bagi ibu hamil, karena itu dalam percepatan vaksinasi ibu hamil menjadi salah satu sasaran Vaksin Covid-19,” kata dia.

Dijelaskannya, vaksinasi bagi ibu hamil ini telah direkomendasikan oleh komite penasehat ahli imunisasi nasional (Itagi). Secara umum,dapat disimpulkan bahwa vaksinasi covid-19 pada ibu hamil ini efektif dan aman untuk ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya terutama mencegah ibu hamil tertular virus Covid-19.

“Pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil ini dilaksanakan secara serentak di 11 kecamatan se-Kabupaten Pesbar di masing-masing puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan itu, dirinya berharap vaksinasi bagi ibu hamil itu dapat meningkatkan dukungan dan kerjasama pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, masyarakat, dan para pemangku kepentingan terkait dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Mari bersama kita sukseskan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, demi masa depan lebih sehat dan sejahtera di Bumi Para Sai Batin dan Ulama yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadiskes Pesbar Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M., mengatakan pelaksanaan vaksinasi ibu hamil tersebut dilaksanakan berdasarkan surat edaran Kementerian kesehatan nomor: HK.02.01/I/2007/2021 tentang vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Sejak Juni lalu Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah menganjurkan pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil dan menyusui, hal itu karena ibu hamil yang terpapar Covid-19 beresiko untuk melahirkan secara prematur,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil tersebut, pihaknya telah menetapkan jumlah ibu hamil sasaran sebanyak 917 orang berdasarkan data yang terhimpun hingga akhir tahun 2021 mendatang.

“Vaksinasi ibu hamil itu menggunakan tiga jenis vaksin seperti Moderna, Mrna Pfizer dan Sinovac, dimana pemberian dosis pertama dimulai pada trimester pertama dan dosis kedua sesuai intervensi jenis vaksin yang digunakan,” jelasnya.

Pihaknya berharap, semua pihak bisa bersama-sama menggerakkan ibu hamil agar bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 yang bisa dilaksanakan di seluruh Puskesmas di kabupaten setempat.

“Pemberian vaksin Covd-19 kepada ibu hamil ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur dan mencegah terjadinya komplikasi kehamilan lainnya akibat Covid-19,” tutupnya. (ygi/mlo)


Pos terkait