Dinkes Pesbar Siapkan Rencana Penguatan 3T Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih terus mempersiapkan terkait rencana penguatan testing dan tracing terhadap 15 orang kontak erat dari per satu orang pasien yang terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten setempat.

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK, Arfi Julizar, S.Km., mendampingi Kepala Dinkes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, S.H, M.M., mengatakan dalam mendukung rencana penguatan 3T (testing, tracing, treatment) itu, Dinkes Pesbar juga akan mengadakan pelatihan bagi tracer-tracer di masing-masing fasilitas kesehatan dalam hal ini UPT Puskesmas se-Kabupaten Pesbar.

Bacaan Lainnya

“Dengan dilakukan pelatihan tracer itu, mudah-mudahan dalam penguatan 3T tidak terkendali, dan sesuai dengan Instruksi Mendagri dan Instruksi Bupati Pesbar,” katanya, Jumat (13/8).

Dijelaskannya, pelatihan tracer nanti sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tracing di setiap Kecamatan jika ditemukan ada pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

Sehingga, nanti pada pelaksanaan testing sesuai dengan harapan Pemkab Pesbar yakni sebanyak 784 orang perhari. Untuk itu, pihaknya juga berharap adanya dukungan dari semua pihak dan juga stakeholder terkait, serta masyarakat di Kabupaten Pesbar ini agar dalam penguatan 3T tersebut bisa terlaksana dengan maksimal.

“Dalam kegiatan 3T harus melibatkan masyarakat, karena itu peran serta masyarakat sangat diharapkan. Sehingga jika terjadi kasus maka dalam pelaksanaan testing dan tracing tidak terkendala,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan berdasarkan Instruksi Bupati Pesisir Barat No.5/2021 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada kriteria Level 3, dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesbar, tersebut khususnya pada Dinkes Pesbar agar melakukan penguatan 3T.

“Sehingga perlu ditingkatkan penerapan testing sesuai target positivity rate di bawah 10 persen. Target orang di tes perhari untuk di Kabupaten Pesbar ini ada 784 orang perhari,” katanya.

Kemudian, kata dia, peningkatan tracing sampai mencapai lebih dari 15 kontak erat per kasus konfirmasi, serta melakukan treatment dengan komprehensif sesuai dengan berat gejala. Hanya pasien bergejala sedang, berat dan kritis yang perlu dirawat di rumah sakit. Selain itu juga, Dinkes Pes bar mengupayakan percepatan vaksinasi yang harus terus dilakukan untuk melindungi sebanyak mungkin orang yang terkonfirmasi Covid-19.

“Upaya ini juga dilakukan untuk menurunkan laju penularan serta mengutamakan keselamatan mereka yang rentan meninggal, mengingat kapasitas kesehatan yang terbatas dan dampak jangka panjang infeksi Covid-19,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait