Dinsos Gelar Bimtek SIKS-NG dengan Operator Pekon

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Aplikasi Sosial Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) di Gedung STIT Multazam, Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (7/4).

Hadir dalam kegiatan itu Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Rizwar, S.Km, M.Si., Kadis Sosial Agustriyadi, S.Ip, M.M., peserta Bimtek yang merupakan operator pekon di seluruh kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Rizwar mengatakan, sesuai peraturan menteri sosial nomor 5 tahun 2019 tentang pengelolaan data terpadu adalah kegiatan sistematis dalam pengaturan, penyimpanan dan pemeliharaan data yang mencakup pendataan, verifikasi dan validasi, dan penetapan data yang diperlukan untuk memastikan aksesibilitas, keandalan, ketepatan waktu, dan akuntabilitas data dalam penggunaanya.

“Bimtek aplikasi SIKS-NG ini adalah sebuah pelatihan yang ditujukan bagi operator pekon dan kelurahan dalam rangka pengelolaan data terpadu kesejahteraan sosial di tingkat pekon dan kelurahan sehingga mendapatkan data yang valid, akuntabel dan berkelanjutan,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam kegiatan itu diharapkan peserta yang hadir dapat lebih paham dalam pemanfaatan data terpadu kesejahteraan sosial dalam penanganan fakir miskin dan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS).

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan bimbingan teknis dan pelatihan terhadap seluruh operator desa dan kelurahan dalam kegiatan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial,” jelasnya.

Selanjutnya, hasil yang dicapai dari kegiatan tersebut adalah masing-masing desa dan kelurahan memiliki operator aplikasi SIKS-NG yang aktif dan cakap dalam entry data, serta mempermudah desa atau kelurahan dalam pelaksanaan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial.

“Diharapkan seluruh operator pekon dan kelurahan dapat memaksimalkan aplikasi SIKS-NG itu dengan maksimal, sehingga data yang ada di Dinsos maupun Kemensos, sesuai dengan data yang ada di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Sosial, Agus Triyadi, menyampaikan peserta yang mengikuti Bimtek tersebut terdiri dari 116 Operator Pekon dan dua Operator Kelurahan di Kabupaten Pesbar. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari yang dibagi dalam dua kelompok berdasarkan wilayah.

“Kemudian puncaknya yaitu Jum’at (9/4) dengan  menghadirkan narasumber dari Pusat Data dan Informasi dari Kementerian Sosial RI dalam penggunaan aplikasi SIKS-NG dalam pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di tingkat Pekon dan Kelurahan,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait