Dinsos Lamteng Akan Tingkatkan Graduasi 30 Persen Sesuai Target

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam penyaluran bantuan sosial program keluarga harapan (PKH), Kementerian Sosial (Kemensos) RI mendorong graduasi mandiri terus ditingkatkan. Di Lampung Tengah memiliki sumber daya manusia (SDM) PKH sebanyak 296 orang yang mendampingi keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Lamteng Zulfikar Irawan menyatakan SDM PKH paling banyak dari 15 kabupaten/kota di Lampung. “Kita punya SDM PKH 296 orang. Rinciannya 15 administrator, koordinator kabupaten 4, dan pendamping sosial 277,” katanya.

Bacaan Lainnya


Terkait target nasional graduasi 30 % pada 2021, kata Zulfikar. “Kita akan usahakan maksimal. Jelasnya jumlah KPM graduasi di Lamteng terbaik. Tiga orang pendamping PKH mendapat penghargaan, yakni Anjar Rohmi dari Kecamatan Gunungsugih graduasi 57 KPM, Noni Ana Dwianti dari Kecamatan Terbanggibesar graduasi 56 KPM, dan Imron Wahyu Teja Ningrum dari Kecamatan Seputihmataram graduasi 54 KPM. Total keseluruhan yang graduasi hingga tahap IV 2020 sebanyak 2.868 KPM dari 71.576 KPM hingga total bantuan yang telah disalurkan Rp263.846.091.000,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Sosial RI melakukan Koordinasi Teknis dan Peningkatan SDM dalam Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di BBC Hotel Bandarjaya, Kecamatan Terbanggibesar Lampung Tengah, Selasa (1/12). Kemensos RI menargetkan graduasi PKH 30 % pada 2021.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Pepen Nazaruddin menyatakan PKH tetap jadi program nasional. “PKH tetap jadi program nasional. Karena itu, harus terus diintrospeksi guna meningkatkan programnya. Juga meningkatkan kualitas SDM pengelolaannya,” katanya.

Pada 2021, kata Pepen, pemerintah pusat menargetkan keberhasilan graduasi keluarga penerima manfaat (KPM) sampai 30 %. “Pada 2021 target keberhasilan graduasi KPM dari 10 % harus meningkat 30 %. Ini target nasional dari populasi. Supaya bisa berhasil harus ada pendampingan. Tanpa pendampingan, graduasi tak akan berhasil. Saya tak ingin dengar pendamping tidak ada yang bisa menggraduasi KPM. Kalau bisa penerima PKH hanya cukup 5 tahun sudah graduasi. Sebelum lima tahun graduasi lebih bagus,” ungkapnya. (sya/mlo)




Pos terkait