Dinsos Pesbar Realisasikan Rp911 Juta Untuk Santunan Dana Kematian

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Sosial (Dinsos) selama tahun 2020 telah merealisasikan anggaran untuk dana santunan kematian sebesar Rp911.000.000,- untuk 911 orang (ahli waris) di kabupaten setempat.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, dr. Edwin Maas, mendampingi kepala Dinsos Pesbar, Agus Triyadi, S.Ip, M.M., mengatakan setiap tahun Pemkab Pesbar menganggarkan dana santunan kematian bagi masyarakat yang meninggal dunia, hal itu bertujuan untuk membantu meringankan ahli waris atau keluarga yang meninggal dunia itu seperti membantu kebutuhan untuk acara doa yasinan untuk almarhum/almarhumah dan kebutuhan lainnya.

Bacaan Lainnya


“Santunan yang diberikan sebesar Rp1 juta per orang/ahli waris, penyaluran dana santunan kematian itu sesuai usulan yang disampaikan ke Dinsos Pesbar,” katanya, Rabu (23/12).

Sementara itu, kata dia, untuk realisasi dana santunan kematian selama tahun anggaran 2020 itu rinciannya antara lain untuk tahun meninggal di 2019 yakni tahap I sebanyak 122 orang, tahap II ada 48 orang, dan tahap III ada 32 orang. Sedangkan, untuk tahun meninggal di 2020 yakni tahap I sebanyak 83 orang, tahap II sebanyak 142 orang, tahap III sebanyak 246 orang dan tahap IV sebanyak 238 orang.

Sehingga total jumlah meninggal yang menerima santunan dana kematian untuk di tahap I sebanyak 205 orang dengan anggaran Rp205 juta. Kemudian, tahap II sebanyak 190 orang dengan anggaran sebesar Rp190 juta, tahap III ada 278 orang dengan anggaran Rp278 juta dan untuk tahap IV sebanyak 238 orang dengan anggaran yang telah direalisasikan sebanyak Rp238 juta.

“Jika nanti ada usulan klaim santunan dana kematian yang telah masuk ke Dinas Sosial tapi belum diproses, maka akan diproses menunggu di tahun anggaran berikutnya,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya berharap masyarakat yang telah mengusulkan santunan dana kematian ke Dinas Sosial dan belum diproses di tahun ini diharapkan bersabar. Karena, penyaluran santunan itu menyesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada.

“Setiap tahun Pemkab Pesbar menganggarkan santunan dana kematian itu rata-rata sekitar Rp1 Miliar. Dengan adanya santunan dana kematian itu mudah-mudahan bisa membantu masyarakat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait