Dinsos Pesbar Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Medialampung.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menyerahkan bantuan persediaan cadangan (buffer stok) untuk korban kebakaran  di Pekon Negeri Ratu Ngambur, Kecamatan Ngambur, Kamis (17/2).

Kepala Dinsos Pesbar, Agus Triyadi, S.Ip, M.M., mengatakan, setelah mendapat informasi ada satu unit rumah warga yang ludes terbakar. 

Bacaan Lainnya


Pihaknya langsung menuju lokasi untuk menyerahkan bantuan sosial berupa matras, selimut, perabotan dapur, makanan siap saji, kebutuhan bahan pokok, dan sebagainya.

“Selain menyerahkan bantuan buffer stock itu, kita juga sekaligus melakukan pendataan kerugian akibat kebakaran, yang selanjutnya akan dikoordinasikan kembali dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” katanya.

Dijelaskannya, dengan adanya bantuan yang telah diserahkan itu mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban kebutuhan korban kebakaran. 

Sedangkan, untuk bantuan lainnya tetap dikoordinasikan dengan OPD terkait. Dirinya berharap musibah yang menimpa warga itu mendapat perhatian dari pihak terkait lainnya. 

“Nanti setelah ada data terkait musibah kebakaran ini diterima, maka akan langsung disampaikan ke OPD terkait agar diproses untuk tindaklanjutnya,” jelasnya.

Sekedar diketahui, satu unit rumah milik Murzidi, warga Pemangku Way Batang Pekon Negeri Ratu Ngambur, Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), ludes terbakar sekitar pukul 03.00 WIB, Kamis (17/2). 

Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat kebakaran tersebut korban mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Peratin Pekon Negeri Ratu Ngambur, Hazairi Abi, mengatakan, berdasarkan keterangan dari pemilik rumah bahwa musibah kebakaran itu diketahui berasal dari bagian dapur. 

Saat itu salah satu anak korban mendengar ada ledakan dari bagian belakang (dapur), setelah dicek ternyata kondisi api sudah membakar bagian bangunan dapur rumah korban yang memang terbuat dari papan.

“Api sempat membakar tabung gas elpiji yang ada di dapur hingga membuat tabung gas elpiji meledak, sehingga api cepat merambat ke bangunan rumah warga itu,” katanya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait