Dinsos Pesbar Tunggu Data Penerima BST

  • Whatsapp
Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Pesbar, Rena Novasari, S.H., M.M.

Medialampung.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih menunggu data dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) terkait jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2021 di Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama itu.

Kepala Dinas Sosial Pesbar, Agus Triyadi, S.Ip, M.M., melalui Kabid Pemberdayaan Sosial, Rena Novasari, S.H., M.M., mengatakan hingga kini Pemkab Pesbar masih menunggu data jumlah penerima BST tahun 2021. Sehingga belum dapat memastikan berapa jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan mendapat bantuan sosial (bansos) salah satunya BST tersebut.

Bacaan Lainnya


“Kalau nanti data penerima BST sudah ada, maka Dinas Sosial Pesbar juga  kembali akan memverifikasi dan memvalidasi semua data penerima BST itu, sehingga penyalurannya benar-benar tepat sasaran,” katanya, Kamis (7/1).

Dijelaskannya, biasanya data penerima BST dari Pemerintah Pusat yang akan disampaikan ke daerah itu terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dirinya berharap dalam waktu dekat Pemkab Pesbar sudah menerima data BST, sehingga dapat segera ditindaklanjuti.

“Karena, penyaluran dana BST 2021 dari pemerintah pusat itu akan disalurkan mulai Januari 2021 ini. Kita juga belum mengetahui apakah di Pesbar datanya ada penambahan atau sama dengan tahun 2020 lalu,” jelasnya.

Sedangkan, masih kata dia, dalam penyalurannya nanti setiap penerima BST, akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp300 ribu perbulan, dan untuk sementara ini rencananya akan diberikan selama empat bulan, terhitung sejak Januari hingga April 2021 mendatang.

“Yang jelas jumlah penerima BST di setiap tahapan nanti akan berbeda-beda, karena itu juga sesuai dengan hasil verifikasi dan validasi di lapangan. Seperti di tahun 2020 lalu,” katanya.

Ditambahkannya, untuk penyaluran BST di tahun sebelumnya dilakukan sebanyak sembilan tahap mulai April sampai Desember 2020, dengan rincian tahap I sebanyak 7.164 KPM, tahap II sebanyak 7.215 KPM, tahap III sebanyak 7.005 KPM.

Kemudian, tahap IV dan V sebanyak 6.029 KPM, sedangkan mulai tahap VI jumlah penerima BST berkurang menjadi 5.801 KPM. Untuk tahap VII dengan jumlah 5.879 KPM, tahap VIII sebanyak 5.869 KPM dan tahap IX atau terakhir ada 5.818 KPM.

“Mudah-mudahan di tahun 2021 ini jumlah penerima BST di Pesbar bisa maksimal karena cukup bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait