Dinsos Programkan Pendampingan Operasi Katarak

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lambar tahun ini kembali memprogramkan pendampingan bagi warga yang akan melakukan operasi katarak. Bahkan, instansi tersebut menyiapkan kuota sebanyak 15 orang.

“Kegiatan pendampingan bagi warga yang akan melakukan oeprasi katarak ini bersumber dari APBD 2020. Tahun lalu disiapkan kuota 15 orang, nah tahun ini juga kuotanya sama,” ungkap Kabid  Perlindungan dan Jaminan Sosial Ferri Istanto mendampingi Kepala Dinsos Raswan, S.H, M.M.

Bacaan Lainnya



Dijelaskannya, pendampingan yang dimaksud, mulai dari mengantarkan, menyiapkan tempat menginap, makan hingga pulang ke rumah. Tujuan pendampingan ini dalam rangka membantu masyarakat yang terkena katarak.

Kata dia, untuk pendampingan biasanya dilakukan tiga kali mengantar yaitu mengantar pasien melakukan cek fisik, kemudian operasi dan cek kembali setelah operasi. “Selain kita melakukan pendampingan terhadap pasien katarak, satu orang pendamping pasien juga kita bantu,” imbuhnya.

Dengan adanya pendampingan terhadap warga yang terkena katarak ini, diharapkan dapat membantu serta memberikan semangat kepada warga yang melakukan operasi katarak. “Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap warga yang terkena katarak,” imbuhnya seraya menambahkan, untuk pelaksanaan operasi tergantung dari pihak pelaksana. (lus/mlo)



Pos terkait