Dinsos Targetkan Sebelum Lebaran Bantuan Sembako Rampung Didisdistribusikan 

  • Whatsapp
Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial Rega Saputra.

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar melalui Dinas Sosial hingga kemarin belum menetapkan berapa jumlah warga khususnya lanjut usia (lansia) kurang mampu yang akan menerima bantuan sembako dalam rangka penanganan wabah virus corona (Covid-19). Pasalnya, instansi tersebut masih menunggu hasil verifikasi dan validasi (Verivali) data jumlah warga lansia yang dilakukan  PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) dan pendamping PKH.

”Target kita memang minggu lalu hasil verivali selesai namun sampai saat ini  kawan-kawan kita masih melakukan pendataan di lapangan. Sejauh ini baru data dari 12 kecamatan yang telah masuk, sedangkan tiga kecamatan lainnya belum masuk yaitu Kecamatan Balikbukit, Kecamatan Belalau dan Kecamatan Waytenong,” kata Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosia Rega Saputra mendampingi Kepala Dinas Sosial Edy Yusuf, Selasa (7/4)

Bacaan Lainnya



Pihaknya berharap sebelum hari raya liburan bantuan sembako kepada lansia kurang mampu tersebut telah didistribusikan. “Kita berharap sebelum hari raya bantuan itu sudah terdistribusi jadi kita berharap kepada petugas di lapangan untuk secepatnya menyelesaikan tugasnya,” imbuhnya.

Kata dia, acuan pihaknya melakukan verivali sesuai dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) untuk lansia miskin, jadi  diharapan datanya benar-benar valid sehingga pemberian bantuan benar-benar tepat sasaran. 

”DTKS untuk lansia miskin itu menjadi acuan kita melakukan verivali, jadi siapa tahu ada yang meninggal atau pindah keluar daerah maka itu nantinya tidak akan mendapatkan bantuan lagi. Kita berharap datanya benar-benar valid,” harapnya.

Lanjut dia, orang tua yang sudah lanjut usia lebih rentan terpapar virus corona , untuk itu pemerintah daerah akan memberikan bantuan paket sembako untuk lansia khususnya yang kurang mampu dalam rangka membantu warga akibat dampak adanya penyebaran virus corona. ”Adapun isi paket sembako tersebut berupa beras, gula putih, kacang kedelai dan telur,” bebernya.

Seraya menambahkan, bantuan paket sembako tersebut nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi lansia serta dalam rangka pencegahan virus corona. “Kita targetkan sebelum hari raya lebaran sudah didistribusikan,” tandasnya. (lusi/mlo)



Pos terkait