Dirjen Dukcapil : Berikan Pelayanan Maksimal ke Masyarakat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Direktur Jenderal (Dirjen), Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, M.H., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se-Provinsi Lampung yang digelar di Aula Sartika Guest House, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (24/6).

Dalam kesempatan itu, Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrullah mengatakan seluruh Disdukcapil di Provinsi Lampung agar memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat terutama dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Bacaan Lainnya

“Kita harus semangat memberikan manfaat kepada lingkungan kita, jika saya memberikan manfaat secara nasional, teman-teman di kabupaten harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah masing-masing,” kata dia.

Dijelaskannya, jika seluruh Disdukcapil memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat, tentu keberadaan Disdukcapil akan dirasakan keberadaannya oleh masyarakat, karena keberadaan Dukcapil sangat penting bagi masyarakat.

“Berikan manfaat yang nyata bagi lingkungan, berikan pelayanan terbaik ke masyarakat agar masyarakat merasakan keberadaan kita, karena keberadaan Dukcapil sangat penting bagi masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Disdukcapil juga harus mampu melakukan perlindungan data masyarakat, jangan sampai data yang ada di server masing-masing kabupaten bisa dengan mudah dicuri oleh hacker dan bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

“Perlindungan data dari hacker jangan sampai lemah, pertahananya harus diperhatikan, meski fokus di pelayanan tapi keamanan server harus tetap diperhatikan agar data masyarakat aman,” ujarnya.

Selanjutnya, dirinya meminta kepada seluruh Disdukcapil agar mampu memaksimalkan keberadaan data, untuk mendapatkan data itu maka harus dilakukan pencatatan peristiwa penting seperti pernikahan, kematian, kelahiran dan peristiwa lainnya.

“Kunci pelayanan kita bersumber dari SDM dan anggaran, untuk peningkatan kualitas SDM saya akan memberikan bimtek langsung kepada kepala dinas Dukcapil di Provinsi Lampung,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait