Dirjen KSDAE Serahkan Sejumlah Penghargaan di Tanggamus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin didampingi Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Tanggamus dan Balai Besar TNBBS, Minggu (28/2). 

Kunker diawali dengan pertemuan Ketua komisi IV DPR dengan kelompok Tani, bertempat di komplek Rumah Dinas Ketua DPRD Tanggamus. 

Bacaan Lainnya


Setelah itu agenda dilanjutkan dialog interaktif dengan masyarakat Satgas Penanganan konflik gajah kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Lampung barat. 

Selain kedua agenda tersebut ketua komisi IV DPR dan Dirjen KSDAE juga memberikan bantuan peralatan roasting kopi dan Instalasi air bersih kepada warga tergabung dalam kelompok tani serta pemberian tali asih. 

Selanjutnya memberikan piagam penghargaan. Ada 40 penerima penghargaan sebagai Lokal Champion Balai Besar TNBBS yang diserahkan Dirjen KSDAE kepada Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin atas peran dan jasanya pada dukungan kebijakan dan penganggaran penanganan mitigasi konflik satwa liar di sekitar kawasan TN Bukit Barisan Selatan sejak tahun 2019. 

Kemudian, Bupati Tanggamus Dewi Handajani merupakan Kepala Daerah yang menetapkan kebijakan/peraturan serta melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim di Wilayah Kabupaten Tanggamus yang menjadi kontribusi nyata dalam upaya pengendalian perubahan iklim

Selanjutnya, Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus merupakan kepala daerah yang mendukung kebijakan Lampung Barat Sebagai Kabupaten Konservasi. Dimana melalui kebijakannya telah berperan dalam pengembangan Wisata Alam Berbasis Konservasi di daerah Suoh dan aktif dalam mengkoordinasikan penanggulangan konflik satwa gajah di wilayah Lampung Barat.

Pelaksana Tugas kepala BTNBBS Ismanto, S.Hut, dalam pemaparan pengelolaan kawasan TNBBS menyampaikan seputar keberadaan gajah di TNBBS. 

Dirjen KSDAE, Ir. Wiratno dalam pengarahannya terkait pemantauan keberadaan gajah di dalam hutan TNBBS, mengharapkan agar para petugas dapat membagi-bagikan peta jalur lalulintas gajah kepada para petani, agar mereka mengetahui pergerakan hewan berbelalai tersebut. 

Selain itu Dirjen juga mengharapkan agar dilakukan pengaturan pola tanam. 

Wakil Bupati, AM. Syafi’i mewakili Bupati Tanggamus, Dewi Handajani juga mengharapkan agar semua pihak menjaga kelestarian hutan. 

“Hutan lestari masyarakat sejahtera,” ungkap Syafi’i. 

Sementara itu, Ketua komisi IV DPR RI Sudin juga mengharapkan agar berbagai pihak menjaga kelestarian hutan.

“Kalau terjadi gempa itu peringatan dari Tuhan. Tapi kalau tanah longsor itu adalah akibat dari ulah manusia, seperti karena penebangan liar terjadi banjir dan lain lain. Karenanya Ayo mari kita jaga kelestarian alam,” tukasnya. 

Selanjutnya, Sudin juga mengatakan, siap untuk membantu kelompok Tani.

“Siapa yang memiliki program silahkan mengajukan usulan,” pungkasnya. 

Turut Hadir pada kegiatan hari itu, diantaranya ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Asisten II Bupati Lampung Barat, Pelaksana Tugas kepala BTNBBS Ismanto, S.Hut, warga tergabung dalam kelompok Tani dan lainnya. (ehl/mlo)




Pos terkait