Disabilitas Bukan Penghalang Untuk Jadi Insan Produktif

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perhelatan Liwa Fair 2019 menjadi ajang unjuk gigi bagi semua OPD untuk menampilkan produk unggulannya dalam menopang pembangunan daerah di Kabupaten Lampung Barat.

Maya, salah satu penderita disabilitas dari Pekon Purajaya Kecamatan Kebuntebu, merupakan salah satu dari 1.600 penderita disabilitas di Lambar yang bangkit dari keterpurukannya hingga berhasil menjadi insan yang produktif dan menjadi motifator bagi kaum disabilitas lainnya.

Bacaan Lainnya



Gadis kreatif yang juga Sarjana Terapan Pertanian tersebut sudah menekuni dunia Hydroponik mulai tahun 2018 dan hingga saat ini, sudah banyak memproduksi kerajinan olahan hasil karyanya tersebut dan siap dipasarkan.

Terkait tujuan mengembangkan produk hydroponik tersebut, Maya mengatakan bahwa seiring perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih, yang memperketat persaingan khususnya di bidang pertanian.

“Dengan mengembangkan produk hidroponik secara tidak langsung juga mengembangkan agrowisata dan edukasi serta membuka lapangan pekerjaan yang inklusi. Keunggulan produk hidroponik ini lebih mudah dalam perawatan,” katanya.

Maya berterimkasih kepada Dinas Sosial Lambar yang telah membimbing dan mempromosikan produk unggulan hasil olahannya, dan berharap ke depan pemerintah daerah bisa mensupport para kaum disabilitas dengan memberikan bantuan permodalan serta membuka lapangan kerja bagi kaum disabilitas lainnya.

“Saya berharap betul pemerintah daerah khususnya Bapak Bupati dapat membantu permodalan bagi  kaum Disabilitas seperti saya ini, untuk bisa berkarya dan mengembangkan usaha yang saya kelola,” katanya.

Sementara Kepala Dinsos Lambar Raswan, SH, ketika dimintai komentarnya terkait pembinaan kaum Disabilitas, pihaknya beserta jajarannya mensuport serta memfasilitasi para kaum disabilitas serta yang ada di kabupaten Lampung Barat khususnya untuk berusaha bangkit dari keadaan, jangan menyesali nasib yang dideritanya saat ini, tapi harus berusaha untuk produktif.

“Maya ini sekarang menjadi motifator bagi rekan-rekan kaum disabilitas lainnya,” katanya. (nop/mlo)



Pos terkait