Disbunnak-Kodim 0422 Temukan Daging Ayam Busuk dan Hati Sapi Mengandung Cacing

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kegiatan pemantauan produk pangan asal hewan dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) hingga hari ini, Kamis (6/5) terus dilanjut.

Kali ini tim dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) bersama dengan tim dari Kodim 0422 Lampung Barat yang dipimpin oleh Pasi Ter yang juga menjabat Plt. Danramil 422-04/Balik Bukit Kapten Inf Waniran melaksanakan pemantauan di Pasar Sebelat Pekon Tanjungraya Kecamatan Sukau.

Bacaan Lainnya


Kabid Perkebunan Alma Arif, S.I.P., mendampingi Kepala Disbunnak Ir. Nata Djudin Amran mengungkapkan kegiatan pemantauan produk asal hewan dilakukan untuk memastikan bahwa produk pangan asal hewan yang beredar di masyarakat adalah produk yang ASUH (aman, sehat, utuh, dan halal). 

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas ditemukan adanya daging ayam busuk yang sudah tidak layak konsumsi, dan hati sapi yang mengandung cacing hati yang masih dijual oleh pedagang,” tegas Alma Arif, Kamis (6/5).

Menindak lanjuti hasil temuan tersebut, lanjut Alma Arif, petugas melakukan tindakan tegas berupa pemberian peringatan kepada pedagang agar tidak menjual barang dengan kondisi rusak tersebut dan juga dilakukan penyitaan terhadap daging yang rusak tersebut agar tidak dijual oleh pedagang dan selanjutnya dilakukan pemusnahan oleh tim dengan cara dibakar dan dikubur di Disbunnak disaksikan oleh jajaran dari Kodim 0422/LB. 

Lanjut dia, selain temuan daging tidak layak konsumsi, juga ditemukan ayam yang disembelih dengan tidak sempurna yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan memberikan pembinaan cara penyembelihan yang baik ke tempat pemotongan ayam tersebut. 

“Kita juga menghimbau kepada penjual ayam agar lebih berhati-hati ketika menyembelih karena daging yang dijual tersebut akan dikonsumsi oleh masyarakat,” ungkap dia. 

Pada kesempatan ini, selain melakukan pemeriksaan produk pangan asal hewan, jajaran Kodim 0422/LB juga tidak lupa mengingatkan pengunjung Pasar Sebelat untuk menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat berupa penertiban penggunaan masker pengunjung pasar maupun pedagang yang ada untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.(lus/mlo)


Pos terkait