Disbunnak Lambar Bagikan Bantuan Terpal kepada Petani Kopi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si Membagikan Bantuan Terpal kepada Petani Kopi

Medialampung.co.id –  Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar mulai mendistribusikan bantuan alat jemur terpal kepada warga khususnya petani kopi yang kurang mampu.

“Kalau tahun lalu bantuan terpal sebanyak 100 lembar, nah untuk tahun ini kita siapkan 75 lembar,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Rabu (10/6).

Bacaan Lainnya



Kata dia, bantuan terpal tersebut sudah mulai dibagikan secara langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan bersama pegawai Disbunnak  kepada sejumlah petani kopi. Pendistribusian terpal tersebut sebagai tindak lanjut adanya surat edaran (SE) bupati tentang larangan menjemur kopi diatas tanah tanpa alas dan di jalan raya. 

“Kita melakukan penyisiran di lapangan dan  kalau kita lihat ada petani yang masih menjemur kopi di atas tanah dan kurang mampu maka akan kita prioritaskan untuk mendapatkan bantuan,” ucapnya

Masih kata dia, bupati telah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang larangan menjemur kopi diatas tanah tanpa alas serta di jalan raya sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas biji kopi milik petani di Kabupaten Lambar, karena mayoritas penduduk Lambar adalah petani kopi.

“Kita (Pemkab) sudah melarang agar petani tidak menjemur kopi di atas tanah, tapi kita juga berupaya agar mutu dan kualitas kopi milik petani bagus sehingga salah satu solusinya kita memberikan bantuan terpal kepara para petani. Artinya, bantuan alat jemur terpal ini juga merupakan salah satu langkah kita untuk meningkatkan mutu dan kualitas kopi,” ungkap dia. (lus/mlo)



Pos terkait