Disbunnak Lambar Belajar Pembuatan Fermentasi Pakan Ternak Kambing ke Kabupaten Lamtim

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mengenai pengelolaan budidaya ternak kambing, khususnya pembuatan fermentasi pakan ternak kambing, pengolahan limbah, perencanaan, serta metode pemeliharaan ternak kambing. Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar berkunjung ke Kelompok Tani Maju Bersama, Desa Sumbergede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Selasa-Sabtu (16-20/11).

“Saya telah mengirimkan sejumlah pegawai dari Disbunnak untuk melakukan pembelajaran mengenai budidaya ternak kambing termasuk pembuatan fermentasi pakan ternak, pengolahan limbah dan lainnya ke Lampung Timur dan nantinya hasilnya diharapkan dapat diterapkan di Kabupaten Lambar,” ungkap Kepala Disbunnak Ir. Nata Djudin Amran, Kamis (18/11)

Bacaan Lainnya

Kata dia, alasan pihaknya memilih Kelompok Tani Maju Bersama Desa Sumbergede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur sebagai lokasi tujuan pembelajaran dikarenakan kelompok tani tersebut telah berhasil melaksanakan pembuatan fermentasi pakan ternak, pengolahan limbah  dan pemeliharaan ternak dengan baik. Bahkan, hasilnya telah dimanfaatkan oleh anggota kelompok tani. 

“Sebelumnya saya juga sudah pernah kesana melakukan kunjungan dan pembelajaran dan kelompok tani tersebut telah berhasil jadi kita berharap ilmu pembelajaran yang kita peroleh tersebut dapat diterapkan di Kabupaten Lambar,” kata dia.

Lebih jauh Nata mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang melakukan uji coba pembuatan fermentasi pakan ternak kambing yang berlokasi di Rumah Potong Hewan (RPH) Lingkungan Simpangserdang Kecamatan Balikbukit. 

“Kita sedang melakukan ujicoba dan berharap pembuatan fermentasi pakan ternak ini dapat berhasil karena selain bisa menjadi lokasi pembelajaran bagi kelompok tani dan peternak, juga akan menjadi lokasi objek wisata ternak kambing serta kedepan diharapkan dapat menghasilkan pendapatan asli daerah,” pungkas dia.(lus/mlo)

Pos terkait