Disbunnak Lambar Fokus Tingkatkan Produksi Kopi Batuketulis-Pagardewa

  • Whatsapp
Sumarlin, S.P, Kabid Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Lampung Barat

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar tahun ini akan lebih fokus untuk peningkatan produksi kopi robusta di dua kecamatan yaitu Kecamatan Batuketulis dan Kecamatan Pagardewa.

Alasannya fokus didua kecamatan itu dikarenakan untuk kecamatan lain yang merupakan daerah sentral kopi, petaninya cukup aktif dan hasil produksi kopinya telah meningkat.

Bacaan Lainnya



“Salah satu upaya untuk peningkatan produksi kopi di Kecamatan Batuketulis dan Pagardewa tersebut,  didukung dengan bantuan program peremajaan tanaman kopi serta pelatihan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kopi,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, Selasa (18/2).

Menurut dia, di dua kecamatan itu sudah ada tanamannya yang produksinya  bagus namun masih perlu diberikan motivasi kepada kelompok tani.

“Mudah-mudahan para petani yang mengurus tanaman kopi di dua kecamatan itu termotivasi dengan upaya yang akan kita lakukan,” harapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, tahun ini pihaknya akan melaksanakan kegiatan pengendalian hama dan penyakit khusus tanaman kopi untuk satu kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Batuketulis.

“Untuk kelompok taninya belum ditentukan karena hari ini masih dalam proses CPCL (calon penerima calon lokasi). Pengendalian hama dan penyakit ini dalam bentuk pelatihan kepada petani bagaimana cara membuat musuh untuk pengendalian hama dan penyakit pada tanamn kopi,” kata dia.

Seraya menambahkan, kegiatan pengendalian hama dan penyakit tersebut juga sekaligus untuk mendukung pekon konservasi di Pekon Batukebayan dan Pekon Kubuliku Jaya.

“Lokasinya di Kecamatan Batuketulis namun pesertanya berasal dari Poktan teruma yang ada di dua pekon konservasi. Dengan adanya kegiatan pengendalian ini maka dapat meminimalisir tanaman kopi milik petani terserang hama dan penyakit,” tutupnya. (lus/mlo)



Pos terkait