Disbunnak Lambar Raih Juara I Lomba Kebersihan Kantor  

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Pemkab Lambar Drs. Ismet Inoni, M.M menyerahkan hadiah berupa piagam kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang meraih juara pada lomba kebersihan kantor dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lambar ke-29.

Hadiah tersebut diserahkan Ismet usai dilaksanakannya senam bersama yang diselenggarakan Pemkab Lambar di Stadion Bumi Sekala Bekhak Kawasan Sekuting Terpadu (KST) Pekon Wates Kecamatan Balikbukit, Jumat (23/10) 

Bacaan Lainnya


Pada lomba kebersihan antara perangkat daerah tersebut, juara I diraih  Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak), juara II diraih Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR), juara III Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH). Kemudian juara harapan I diraih Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), juara harapan II Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) serta juara harapan III diraih Sekretariat Pemkab. 

“Saya mengucapkan selamat kepada perangkat daerah yang meraih juara pada lomba kebersihan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Lambar ke-29, semoga perangkat daerah yang meraih juara terus bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kebersihan  kantornya. Begitu juga dengan perangkat daerah yang belum meraih juara, agar tetap menjaga kebersihan lingkungan kantornya,” ujar Asisten II Bidang Ekbang Ismet Inoni.

Dilain pihak, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Agustina Handayani mengungkapkan, dalam rangka HUT Lambar ke-29, pihaknya menggelar lomba kebersihan kantor dan pihaknya telah melakukan penilaian terhadap 26 kantor dilingkungan Pemkab Lambar. 

”Tujuan lomba juga dalam rangka menanamkan kesadaran kepada seluruh pegawai di lingkungan pemerintah daerah untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan di lingkungan kantornya masing-masing, selain daripada menyambut HUT Lambar dan persiapan menghadDiapi penilaian adipura,” katanya

Dijelaskan, dalam lomba kebersihan kantor tersebut komponen penilaian meliputi kebersihan di dalam ruangan, kebersihan di  luar ruangan, drainase, kebersihan WC, air bersih di WC, CTPS+Tisu+sabun, sarana pemilahan sampah, proses pemilahan sampah, pengelolaan sampah, pohon peneduh sebaran, pohon peneduh fungsi dan penghijauan.

”Pada penilaian tersebut salah satu yang menjadi perhatian juga terkait kotak sampah tertutup,  dicat, dan memiliki keterangan  jenis sampah dan jika itu tidak terpenuhi maka tergolong tidak terawat, begitu juga pada penilaian area kantor, sanitasi dasar  dan lainnya  tim memberikan nilai mulai dari 30 hingga nilai 100, dengan kategori sangat jelek nilai 30-40, jelek dengan nilai 46-60, sedang 61-70, baik 71-80 dan sangat baik 81-90,” kata dia.

Pihaknya berharap dengan lomba yang juga berhadiah tersebut menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah untuk  terus berbenah dan menjaga kebersihan serta keindahan kantornya.  Terlebih Lambar merupakan daerah sebagai peraih adipura dengan kategori kota kecil, yang tentunya  untuk mempertahankannya perlu kebersamaan dari semua pihak.

“Tim penilai yaitu melibatkan DLH, Rumah Sakit Alimuddin Umar, Dinas Kesehatan, BPKD dan BKPSDM,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait