Disbunnak Lambar Siapkan Bantuan Bibit Entres Kopi untuk 25 Ha

  • Whatsapp
Kabid Perkebunan Disbunnak Lambar Sumarlin, S.P

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun ini akan menyiapkan bantuan bibit entres tanaman kopi untuk lahan seluas 25 hektar.

“Bantuan bibit entres untuk lahan seluas 25 hektar itu melalui program intensifikasi dan peremajaan kopi bersumber dari APBD Lambar tahun 2021,” ucap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Rabu (13/1)

Bacaan Lainnya

Kata dia, setiap hektar akan mendapatkan bantuan entres sebanyak 100 batang bibit kopi unggul. Itu artinya bantuan bibit entres yang akan dialokasikan sebanyak 2.500 batang untuk lahan seluas 25 Ha.

Ia mengungkapkan, Poktan dan Gapoktan yang akan mendapatkan bantuan dengan pertimbangan produktif dan kelompoknya aktif serta ada niat untuk memperbaiki kebunnya. 

“Untuk kelompok penerima bantuan belum kita tetapkan karena masih akan dilakukan CPCL (Calon penerima calon lokasi),” kata dia. 

Masih kata dia, program intensifikasi dan peremajaan tanaman kopi tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan produksi kopi, karena sampai saat ini masih ada lahan perkebunan kopi yang belum dilakukan peremajaan sementara kondisi tanamannya sudah tua.

“Program intensifikasi dan peremajaan melalui bantuan bibit entres ini adalah untuk mendorong para petani agar dapat melaksanakan peremajaan bagi tanaman kopi terutama bagi tanaman kopi yang kondisinya sudah tua, sehingga diharapkan nantinya produksinya meningkat,” harapnya. (lus/mlo)


Pos terkait