Disdikbud akan Bangun Cungkup di Situs Batuketulis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka mendukung kelestarian cagar budaya situs Batuketulis di Pemangku V, Pekon Bakhu, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akan membangun cungkup atau sebuah bangunan beratap tanpa dinding yang berfungsi menjaga kelestarian cagar budaya yang menjadi asal–muasal nama kecamatan setempat itu.

Kabid kebudayaan Riyadi Andrianto, S.H., mendampingi kepala Disdikbud Hi. Bulki Basri S.Pd, M.M., mengatakan, saat ini pihkanya memang memiliki program pembangunan cungkup untuk melindungi keberadaan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah.

Bacaan Lainnya



“Namun disamping kami (Disdikbud) akan berupaya membangun sarana tersebut, diharapkan pula peran kita bersama bagaimana terlebih dulu ada peningkatkan akses jalan menuju lokasi, mengingat masih sangat dibutuhkannya peningkatan akses jalan menuju lokasi cagar budaya itu,” terang Riyadi.

Untuk itu, sejauh ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan aparat pemerintahan  pekon setempat untuk membahas peningkatan akses jalan sekaligus menentukan upaya pembebasan lahan.

“Disamping akses, hal yang mendasar seperti pembebasan lahan juga akan kita bahas, karena cagar budaya itu nantinya akan kita tata sebaik mungkin agar dapat menjadi objek wisata sejarah,” imbuhnya.(edi/mlo)



Pos terkait