Disdikbud Daftarkan 6 Item Peninggalan Sejarah Sebagai Cagar Budaya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak Enam item terdiri dari Empat bangunan fisik serta dua benda peninggalan sejarah akan didaftarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pringsewu dalam Register Nasional ke Lembaga Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Banten sebagai Cagar Budaya.

Item tersebut yakni Talang Air Peninggalan Belanda di Fajaresuk, Lingkup KH. Gholib meliput Masjid, Rumah atau kediaman, dan Makam KH. Gholib Pringsewu. Serta dua benda-benda peninggalan sejarah berusia lebih dari 50 tahun yang tersebar di Kabupaten Pringsewu.

Bacaan Lainnya


Kabid Kebudayaan pada Disdikbud Pringsewu, Eko Subagiyo, S.Pd mewakili Kepala Disdikbud Pringsewu, Hipni mengatakan, untuk pertama kali di awal Tahun ini Kabupaten Pringsewu akan melakukan Penetapan Cagar Budaya. Melalui proses registrasi yang dilaksanakan oleh Disdikbud Pringsewu.

Hal ini dilaksanakan sebagai implementasi dari Undang-Undang No.11/2010 tentang Cagar Budaya serta Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu No.08/2017 tentang Pengelolaan dan Pelestarian Cagar Budaya Kabupaten Pringsewu. 

“Tujuan akhir dari registrasi atau pendaftaran cagar budaya itu adalah dimilikinya status sertifikasi bagi benda, bangunan, struktur dan situs Cagar Budaya di Pringsewu oleh Pemerintah Pusat,” bebernya. 

Lanjut Eko rencana pendataan cagar budaya berlangsung mulai dari Januari hingga akhir tahun ini.

“Hasil dari pelaksanaan pendataan benda, bangunan serta struktur Cagar Budaya di Kabupaten Pringsewu tersebut pada akhirnya dapat teregister di BPCB Banten,” harapnya. (sag/rnn/mlo)




Pos terkait