Disdikbud Lambar Akan Cek Kerusakan Gedung SDN 1 Puralaksana 

Medialampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat, memberikan respon cepat, dalam menyikapi terjadinya kerusakan gedung belajar SDN 1 Puralaksana, Kecamatan Waytenong beberapa waktu lalu yang diduga akibat pergeseran tanah.

Kabid  Dikdas Seno Susanto, S.H, M.H., mendampingi Kadisdik Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M., melalui Kasi Sarpras Adi Susanto, S.T, M.T., menegaskan, pada  Rabu (22/12) tim Disdikbud Lambar akan turun melakukan pengecekan lokasi bangunan gedung yang mengalami kerusakan.

Bacaan Lainnya


Pengecekan itu pertama mencari apa penyebab terjadinya banyak keretakan beberapa hari lalu, apakah betul karena adanya fenomena pergerakan tanah, atau karena kondisi bangunan yang memang sudah terlampau tua. 

“Kita akan cek lokasi, untuk memastikan penyebab kerusakan sebagai dasar untuk melakukan langkah berikutnya,” tegasnya, Selasa (21/12).

Hanya saja Adi Susanto memastikan, sejak menerima laporan kejadian itu pihak Disdikbud Lambar telah mengarahkan sekolah agar tidak melaksanakan aktivitas di sekitar lokasi melalui petugas Koordinator Wilayah (Korwil) Abdul Basid, S.Pd, M.M., 

“Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kami telah minta sekolah tidak melakukan aktifitas seperti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dibangunan ini, sebagai upaya mencegah terjadi hal yang tak diinginkan, apalagi saat ini kondisi cuaca lumayan ekstrim,” katanya. 

Sebelumnya, disampaikan Kepala SDN setempat Mat Tarin, S.Pd., besar kemungkinan retaknya dinding Gedung RKB yang dibangun Tahun 1979 tersebut karena ada pergeseran tanah akibat tingginya intensitas hujan, dimana di lokasi itu menjadi lintasan saluran pembuangan air. 

Sementara Peratin Puralaksana Atta pihak pekon akan mengajukan proposal atas kerusakan itu usulan untuk perbaikan. Lantaran dengan kondisi gedung saat ini dan usia bangunan memang sudah layak direnovasi.(r1n/mlo)


Pos terkait