Disdikbud Lambar Gelar Seminar Nasional Sekaligus Launching Majalah Guru Hebat 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –   Kegiatan seminar nasional sekaligus launching majalah guru hebat dan pembelajaran mandiri melalui Channel Youtube yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lambar di GOR Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu (KST) Kecamatan Balikbukit, sukses digelar, Selasa (10/11)

Tampak hadir Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Wasisno Sembiring, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, sejumlah kepala perangkat daerah, Sekretaris Disdikbud Ahmad Syukri, Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Tati Sulastri, sejumlah undangan, serta peserta sebanyak 820 orang guru tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Bacaan Lainnya

Nara sumber pada seminar nasional itu, yaitu Bupati Lambar yang juga Ketua Ikatan Sarjana Pendidik Indonesia (ISPI) Kabupaten Lambar Hi. Parosil Mabsus menyampaikan materi menjadi guru inovatif dan kreatif di masa pandemi, materi literasi ICT dalam pembelajaran Daring di Masa Pandemi disampaikan oleh Ir. Warsono, Ph.D  dari Universitas Lampung,  materi Aspek Pedagogik Pembelajaran Daring dalam kontek TPACK  Guru Abad 21 disampaikan oleh  Prof. Dr. H. Bujang Rahman, M.Si  dari Universitas Lampung. Sedangkan moderator Dosen FKIP PMIPA Unila Dr.Abe, M.Si  

“Guru merupakan tokoh penting dalam kemajuan pendidikan. Guru juga salah satu komponen penting dalam proses mengajar. Seorang guru ikut berperan serta dalam usaha membentuk sumber daya manusia yang berpotensial,” ujar Bupati Parosil Mabsus.

Parosil mengungkapkan guru merupakan ujung tombak maju mundurnya dunia pendidikan, secara langsung menggeluti dunia pendidikan secara praktis di lapangan. Terutama berkaitan dengan pembelajaran sekaligus berinteraksi dengan kemajuan pembelajaran para siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran . Untuk mencapai tujuan pembelajaran maka guru harus memiliki berbagai karakteristik guru yang profesional.

“Seorang guru juga mempunyai tugas lain yaitu sebagai fasilitator dan komunikator untuk mendidik, mengajar dan melatih anak didiknya, serta seorang guru juga harus mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas dan konsep keilmuan,” kata dia 

Masih kata Parosil, launching majalah guru hebat terbitnya majalah guru dilatarbelakangi Kabupaten Lambar adalah kabupaten literasi yang diharapkan menjadi wadah untuk guru guru Lambar menuangkan karya inovasi terobosan dan kreativitas yang dapat meningkatkan mutu pendidikan. 

“Masa pandemi ini mengharuskan pendidik dalam hal ini guru untuk terus berinovasi dan kreatif agar pembelajaran tetap berjalan maka Dinas Pendidikan dan Kebudayan melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan membuat channel youtube yang isinya pembelajaran setiap mata pelajaran oleh guru Lambar, diharapkan dengan adanya pembelajaran melalui channel youtube dapat bermanfaat bagi peserta didik khususnya yang ada di Kabupaten Lambar,” ungkap Parosil

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M dalam laporannya mengatakan, peserta seminar ini adalah guru sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang telah mendaftar melalui musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) dan  kelompok kerja kepala sekolah (K3S).

“Tujuan dilaksanakannya seminar nasional  untuk memotivasi guru dalam berkarir, berinovasi, berkreatif dalam memberikan pembelajaran dan mampu meningkatkan kualitas pendidik khusus Lampung Barat melalui guru yang melaksanakan pembelajaran bermutu sesuai perkembangan abad ke 21 ini,” tegas Bulki. 

Bulki menyampaikan, terbitnya majalah guru hebat dilatarbelakangi Kabupaten Lambar adalah kabupaten literasi, untuk mendukungnya Disdikbud mempunyai inovasi untuk membuat majalah guru yang akan menjadi wadah tempat guru-guru Lampung Barat menuangkan karya inovasi terobosan dan kreativitas yang dapat meningkatkan untuk pendidikan. 

Selain itu, launching pembelajaran melalui Channel Youtube, berawal dari masa pandemi dan industri 4.0 yang mengharuskan pendidik dalam hal ini guru untuk terus berinovasi dan berkreatif maka Disdikbud Lambar melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan membuat Channel Youtube yang isinya pembelajaran setiap mata pelajaran oleh guru-guru Lambar.

“Kami berharap pembelajaran melalui Channel Youtube dapat bermanfaat bagi peserta didik khususnya yang ada di Kabupaten Lambar,” pungkas dia. (lus/mlo)




Pos terkait