Disdikbud Lambar Kenalkan Program GSMS di SD Penerima 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tindaklanjut di perolehnya program  Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS), SD Negeri 1 Gihamsukamaju, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menerima kunjungan perdana seniman Ahmad Susantri, M.Si., yang akan menjalankan tugasnya di SD tersebut  bersama Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar, Senin (5/10).

Kabid Kebudayaan Riyadi Andriyanto, SH., mendampingi Kadisdikbud Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M., menjelaskan kegiatan GSMS merupakan program dari Dirjen Kebudayaan Jakarta.

Bacaan Lainnya



Untuk Lampung Barat, GSMS tersebut tahun merupakan tahun kedua dengan perolehan seniman sebanyak 20 orang yang akan menjalankan tugas di 20 SD. Setelah pada tahun pertama perolehan 21 seniman.

Lebih jauh disampaikan Riyadi 20 seniman tersebut akan memberikan pelajaran sesuai kapasitas masing-masing yang dilaksanakan di sekolah selama Sebelas kali pertemuan, dengan waktu kegiatan dari pertengahan Oktober sampai November dengan pembiayaan langsung disalurkan dari pusat.

Ditegaskannya secara garis besar, program GSMS tersebut langkah bagaimana bisa memberdayakan seniman yang ada di daerah, dengan membantu menggali karakter dan jiwa peserta didik.

Seperti tentang bagaimana membuat pembelajaran seni itu menghasilkan, memotivasi peserta didik agar lebih berprestasi dibidang seni.

Dan melestarikan kearifan lokal maupun adat budaya tradisi yang ada di Lambar. Yang diketahui kaya dengan adat budaya.  

Sementara, Kepala SDN 1 Giham Hj Marwiyah, S.Pd, M.Pd., menyebutkan dalam pertemuan kepada wali murid itu, Seniman dan pihak dinas dalam rangka memberikan penjelasan terkait apa itu GSMS dan seperti apa pelaksanaannya. 

Hal tersebut dilaksanakan agar tidak timbul salah persepsi di orang tua kenapa di tengah pandemi Covid-19 masih ada aktivitas di sekolah. 

“Penjelasan dengan wali murid tentang upaya-upaya yang akan dilaksanakan seperti terkait penerapan Protokol Kesehatan (Prokes),” ujarnya.

Marwiyah berharap dengan ditempatkannya Seniman tersebut kemampuan siswa dibidang seni budaya akan tergali. (rin/mlo)



Pos terkait