Disdikbud Lambar Pastikan Sertifikasi Guru yang Tertunda Cair Bulan Ini 

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M

Medialampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) pastikan, sertifikasi guru atau tenaga pendidik dan kependidikan untuk periode Desember 2020 yang tertunda segera cair bulan ini (Juni).

Kepala Disdikbud  Bulki Basri, S.Pd, M.M., menginformasikan sertifikasi untuk periode Desember 2020 memang belum disalurkan, hal itu dikarenakan beberapa faktor salah satunya dampak dari Pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Dimana penyebab terlambatnya pembagian sertifikasi tersebut karena terjadi kekurangan bayar (carry over) di seluruh Indonesia dikarenakan kekurangan dana dari pemerintah pusat.

Dan lantaran kekurangan bayar tersebut, maka untuk pencairan tundanya harus menunggu Surat Keputusan (SK) kekurangan bayar, yang diterbitkan oleh dirjen terkait.

Baru setelah keluarnya SK itu tahapan selanjutnya harus ada laporan realisasi anggaran yang keluar 2020 melalui rekon

Setelah melakukan rekon realisasi sertifikasi  2020 baru keluar SK Dirjen kekurangan bayar atau Carry Over. Dan untuk Kabupaten Lampung Barat SK tersebut baru keluar minggu kemarin dan baru enteri. Maka setelah itu baru mengajukan ke BPKD yang kemudian ditransfer ke Bank terkait. 

“Itulah penyebab dan proses sertifikasi kekurangan bayar untuk Desember 2020. Bukan kami pemerintah daerah yang memperlambat dan mempersulit tapi harus melalui tahapan dan proses untuk pembayarannya, mudah-mudahan guru penerima sertifikasi kekurangan bayar bisa bersabar,” katanya.(r1n/mlo)


Pos terkait