Disdikbud Lampura Terjunkan Tim Verifikasi Kesiapan KBM Tatap Muka

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Utara, Mat Soleh, terjunkan tim ke 819 sekolah guna memverifikasi kesiapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada februari 2021 mendatang.

Verifikasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan sekolah mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka semester genap pada tahun ajaran 2020/2021.

Bacaan Lainnya


“Tim sudah kita turunkan, Satu tim terdiri dari dua orang. Tugas mereka datang ke sekolah tersebut untuk memverifikasi kesiapan sekolah dalam pembelajaran tatap muka,” jelas Mat Soleh saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (12/1).

Dilanjut Mat Soleh, dalam verifikasi ini nantinya Disdikbud mengirimkan Instrumen yang harus sekolah isi secara online. Kemudian mengecek apakah semua laporan dalam Instrumen tersebut.

Setelah tim memverifikasi 819 sekolah yang dilakukan selama 10 hari kerja, jika masih ada sekolah yang belum memenuhi persyaratan sebagaimana yang disyaratkan oleh SK empat Menteri tersebut, sekolah akan diberikan waktu untuk memperbaikinya.

“Apa saja yang menjadi kekurangan dan apa yang perlu dipersiapkan kita beri tahu dan kita beri waktu, karena tidak semua sekolah siap. Sehingga nantinya pada tanggal 1 Februari 2020 mendatang semua sekolah sudah siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka,” ucapnya.

Nantinya, terus Mat Soleh, jika hasil Verifikasi dinyatakan sekolah sudah siap, tidak serta Merta langsung akan dibuka. Pihak Disdikbud Lampura akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 yakni Dinas Kesehatan. 

Guna mengetahui mana saja wilayah yang banyak terdapat Masyarakat yang terkonfirmasi Positif. Sebab, meski sekolah tersebut sudah siap, namun di wilayahnya banyak yang terkonfirmasi Positif Covid-19, sekolah tersebut tetap tidak akan bisa dibuka.

“Kalau kita tetap memaksa sekolah di buka kita takutkan penyebarannya akan semakin meluas. Jadi tidak akan kita izinkan sekolahnya untuk di buka,” paparnya.

Dari hasil dirinya berkunjung ke sejumlah sekolah tambah Mat Soleh, ditemukan masih banyak sekolah yang membutuhkan perbaikan. Untuk itu Disdikbud Lampura, memiliki program Gerakan Sekolah Berseri dan Berkreasi.

Dengan Berseri sekolah akan terlihat bersih, indah dan rapi. Sementara untuk berkreasi siswa akan Berkarakter, Beriman dan Berprestasi. 

“Ini program kita ke depan yang akan kita jalankan dan kita sosialisasikan demi memajukan Pendidikan di Kabupaten Lampura,” pungkasnya.(adk/ozy/mlo)




Pos terkait