Disdikbud Menyelenggarakan Program Bantuan Pemerintah GSMS

  • Whatsapp

BALIKBUKIT – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat melalui Bidang Kebudayaan menyelenggarakan program bantuan pemerintah GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah) untuk pertama kalinya.

Kegiatan tersebut dengan mengikutsertakan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) berjumlah 21 sekolah yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Lambar.

Bacaan Lainnya



Kabid Kebudayaan Riadi Andrianto, S.H mendampingi Kepala Disdikbud Bulki, S.Pd, M.M mengungkapkan, adapun ke 21 sekolah yang mengikuti program GSMS tersebut adalah Kecamatan Sukau (SDN Pagar Dewa, SDN 1 Hanakau), Kecamatan Balikbukit (SDN 3 Liwa, SMPN Sekuting Terpadu, SMPN 4 Liwa), Kecamatan Batubrak (SDN 1 Kotabesi), Kecamatan Belalau (SDN 2 Kenali), Kecamatan Batuketulis (SDN 1 Batu Kebayan), Kecamatan Sekincau (SDN 1 Sekincau).

Kemudian, Kecamatan Pagardewa (SDN Pahayu Jaya), Kecamatan Waytenong (SMPN 1 Way Tenong, SDN Sukaraja), Kecamatan Sumberjaya (SDN 1 Sukapura, SMPN 1 Sumber Jaya), Kecamatan Kebun Tebu (SDN Muara Jaya 2, SMPN 1 Kebun Tebu), Kecamatan Airhitam (SDN 1 Sumberalam), Kecamatan Bandarnegeri Suoh (SDN Tri Mekar Jaya), Kecamatan Suoh (SDN Sumber Agung), Kecamatan Lombok Seminung (SMPN Lombok Seminung), serta Kecamatan Gedungsurian (SMPN 1 Gedung Surian).

“Program bantuan pemerintah GSMS merupakan program Direktorat Kesenian Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bertujuan untuk menumbuhkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya, menjalin kerjasama yang sinergi antara sekolah dengan seniman. Kemudian, menumbuhkan budaya sekolah yang sehat menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan dan menguatkan yang pada akhirnya akan membentuk dan membangun sikap kreatif, apresiatif dan inovatif terhadap peserta didik, ” ujar Riadi

Metode yang dilaksanakan dalam program ini, lanjut Riadi, dilakukan dengan mengajak berperan aktif seniman lokal dan berasal dari Kabupaten Lampung Barat untuk melatih para peserta didik kelas tujuh dan delapan untuk peserta didik SMP dan kelas tiga, empat dan lima untuk peserta didik SD yang dilakukan dengan kegiatan ekstrakurikuler selama kurang lebih 4 bulan. Dengan jumlah pertemuan sebanyak 27 kali pertemuan. Dengan Lama satu kali pertemuan selama 2 jam (120 menit).

“Bagi para seniman yang ingin turut serta dalam program bantuan pemerintah GSMS ini dapat melakukan pendaftaran secara online di website : gsms.kemdikbud.gi.id. serta penjelasan dan persyaratan secara lengkap bisa dilihat di website tersebut. Adapun minat dan atau bakat terhadap seni yang akan dipelajari dan diajarkan berupa seni pertunjukan, seni rupa, seni sastra, film, musik, dan atau seni media serta mengapresiasi seni budaya di daerah Lampung Barat,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait