Disdikbud Pesbar Gelar Bimtek Penguatan Literasi Anak Usia Dini

Medialampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) penguatan literasi anak usia dini terhadap kepala lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta perwakilan wali murid. Kegiatan itu dipusatkan di SMPN 2 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (29/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Plt.Kadisdikbud Pesbar Sudibyo, S.E., Kabid Dikdas, PAUD, dan PNFI, Erik Putra AR, S.Pd., selaku ketua penyelenggara kegiatan bimtek yang diikuti 60 peserta yang terdiri dari kepala lembaga PAUD dan perwakilan wali murid.

Bacaan Lainnya


Ketua panitia penyelenggara, Erik Putra AR, mengatakan bahwa kegiatan bimtek penguatan literasi anak usia dini itu bertujuan untuk meningkatkan penguatan literasi pada anak usia dini, sehingga kedepan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami bacaan, kecakapan numerasi dan literasi sains.

Dijelaskannya, kecakapan literasi merupakan salah satu tolak ukur kemajuan bangsa. Hingga saat ini, Indonesia juga berpartisipasi dalam Programme for International Student Assessment (PISA), untuk mengukur kecakapan literasi peserta didik dalam tiga ranah kemampuan yakni memahami bacaan, kecakapan numerasi, dan literasi sains. Karena itu dengan diadakannya bimtek penguatan literasi anak usia dini tersebut kedepan juga diharapkan seluruh satuan PAUD yang ada di Kabupaten Pesbar ini memiliki pojok baca satuan PAUD.

“Karena dengan upaya seperti itu, maka kedepan akan meningkatkan minat baca siswa sejak dini,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kadisdikbud Pesbar, Sudibyo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini merupakan bagian kegiatan yang penting sebagai penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran pada anak usia dini khususnya di Kabupaten Pesbar ini. Literasi sendiri berhubungan dengan belajar membaca dan menulis yang bermakna bagi perkembangan anak usia dini.

“Perlu diketahui juga bahwa buku merupakan jendela dunia karena dengan membaca kita bisa menjelajah dunia,” jelasnya.

Karena itu, kata dia, dengan adanya bimtek penguatan literasi anak usia dini mudah-mudahan kedepan bisa memberikan pembelajaran kepada anak didik kita untuk selalu belajar membaca dan menulis. Sehingga peran serta guru maupun kepala satuan lembaga PAUD maupun para orangtua siswa di Kabupaten Pesbar sangat diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam rangka meningkatkan minat baca dan menulis terhadap anak-anaknya. 

“Kita juga berharap satuan PAUD dapat memahami semua materi dan informasi yang disampaikan dalam Bimtek itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait