Disdikbud Pesbar Gelar KSN-SD Tingkat Kabupaten

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kabupaten Pesbar yang dipusatkan di SDN 10 Krui, Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (12/3).

Kegiatan yang mengusung tema KSN mewujudkan generasi cerdas, berkarakter, tangguh dan adaptif terhadap perubahan, itu dihadiri oleh Plt. Kadisdikbud Pesbar, Sudibyo, S.E., seluruh kepala SD, pengurus K3S SD, serta peserta KSN dari perwakilan SD se-Kabupaten Pesbar.

Bacaan Lainnya



Ketua Panitia Penyelenggara, Azwir, S.Pd., menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh dewan guru, peserta dan pihak terkait lainnya yang telah hadir pada kegiatan KSN jenjang SD tingkat Kabupaten Pesbar tahun 2020 itu.

Peserta yang mengikuti kegiatan itu berasal dari sekolah di 11 Kecamatan, tapi untuk kecamatan Pulau Pisang bergabung dengan Kecamatan Pesisir Utara, sehingga diikuti 10 Kecamatan.

Sebelumnya, kata dia, dari 10 kecamatan termasuk Pulau Pisang yang gabung dengan Pesisir Utara itu telah menentukan tiga siswa terbaik untuk mengikuti KSN di tingkat Kabupaten pada masing-masing mata pelajaran Matematika dan IPA.

“Sehingga jumlah peserta yang mengikuti KSN jenjang SD tingkat Kabupaten Pesbar ini sebanyak 60 peserta, terdiri dari 30 peserta Matematika dan 30 peserta IPA,” jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan KSD jenjang SD tingkat Kabupaten Pesbar itu bertujuan untuk memotivasi peserta didik SD atau sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.

“Juga memotivasi untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kadisdikbud setempat, Sudibyo, mengatakan kegiatan itu sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN),  di tahun 2020 ini diganti menjadi KSN.

Kompetisi ini merupakan salah satu wadah strategi untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreatifitas dan sportifitas siswa.

“Pelaksanaan KSN-SD ini secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan, sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan,” ujarnya.

 Sudibyo juga berpesan kepada seluruh peserta agar sportif, serta diharapkan para peserta yang mendapat juara merupakan unggulan yang benar-benar dapat bersaing di kancah yang lebih tinggi.

“Peserta harus percaya diri, karena semua peserta ini sama. Terlebih dari hasil KSN-SD di Kabupaten Pesbar ini, juaranya akan bertanding di KSN-SD tingkat Provinsi Lampung,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait