Disdikbud Pesbar Gelar Lomba Tari Kreasi Lampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.idPemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), melaksanakan lomba tari kreasi Lampung untuk jenjang SD dan SMP di Kabupaten setempat.

Kegiatan yang dilaksanakan di GSG Selalaw pantai Labuhan Jukun itu, dihadiri oleh Kabid Dikdas PAUD dan PNFi, Rukzawarni, S. Ip. Kabid Kebudayaan Nora Elisa, S. Pd., Ketua MKKS SMP Sofyan, S. Pd., sejumlah kepala sekolah, guru dan siswa peserta lomba.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Rukzawarni menyampaikan bahwa kegiatan itu dilaksanakan agar siswa sekolah dapat meningkatkan keterampilan seni tari terutama tarian khas lampung.

“Perlombaan seperti ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan dan mengembang seni tari di Kabupaten Pesbar, apalagi tari kreasi ini merupakan salah satu upaya dalam pengembangan seni tari,” kata dia.

Dijelaskannya, salah satu misi Disdikbud Pesbar adalah mewujudkan pelestarian nilai-nilai seni dan budaya di daerah Kabupaten Pesbar, karena itu kegiatan tersebut dilaksanakan dengan peserta berasal dari SD dan SMP.

“Melalui kegiatan ini diharapkan misi itu tercapai terutama dalam menanamkan nilai-nilai seni dan budaya agar melekat pada diri anak-anak generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya perlombaan itu, seni tari di Kabupaten Pesbar terus berkembang, dan setiap tahun ada perkembangan seni tari namun tidak menghilangkan estetika dari seni tari khas Lampung.

“Tari kreasi ini merupakan salah satu kegiatan dalam pengembangan tari khas provinsi lampung, semua pihak bebas berekspresi melalui seni tari yang ditampilkan tanpa mengurangi ciri khas tarian Lampung,” ujarnya.

Sementara itu, dalam laporanya Kabid Kebudayaan, Nora Elisa mengatakan jumlah sekolah yang mengikuti kegiatan itu mencapai 42 sekolah, terdiri dari 21 SMP dan 21 SD, sekolah peserta diikuti oleh Lima sampai Tujuh orang penari.

“Sementara itu hasil dari lomba itu jenjang SD juara I diraih SDN 30 Krui, Juara II, SDN 66 Krui, Juara III SDN 01 Krui, Harapan I SDN 49 Krui, Harapan II SDN 10 Krui dan Harapan III SD IT Almahdhuri, sedangkan untuk jenjang SMP juara I diraih SMPN 2 Krui, Juara II, SMPN 1 Krui, Juara III SMPN 13 Krui, Harapan I SMPN 12 Krui, Harapan II SMPN 14 Krui dan Harapan III SMPN 9 Krui,” singkatnya. (yogi/d1n/mlo)



Pos terkait