Disdikbud Waykanan Sosialisasikan Penggunaan Dana BOS Tahun 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Waykanan Usman Karim JAB, S.Pd., MPd, menghimbau agar Pengelolaan dan Perencanaan Dana BOS Reguler Tahun 2021 sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis dari Menteri Pendidikan Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya pada pelaksanaan Sosialisasi BOS Tahun 2021 di SKB (Sanggar Kegiatan Bersama), Blambangan Umpu Kabupaten Waykanan, Kamis (25/03).

Bacaan Lainnya


“Sosialisasi Dana BOS Tahun 2021 yang kita lakukan ini bertujuan agar dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan sesuai dengan Petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Indonesia,” imbuh Usman Karim.

Lebih lanjut, Usman Karim mengatakan, dasar pelaksanaan sosialisasi Dana BOS Reguler adalah peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.6/2021 tentang Bantuan operasional sekolah pengelolaan Dana bantuan operasional sekolah reguler.

Pada kesempatan itu pula Usman Karim menjelaskan Sekolah yang akan menerima dana bos memiliki 3 kriteria antara lain, yang pertama sekolah tersebut memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Memiliki izin kalo dia dari masyarakat itu harus memiliki izin, memiliki Peserta Didik selama 3 Tahun.

Dalam pada itu, berdasarkan Permendikbud No.8/2020 tentang petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah, Dana BOS dibagi menjadi tiga jenis yaitu BOS Reguler, BOS Kinerja dan BOS Afirmasi. Ketiga jenis dana BOS tersebut digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda.

Dana BOS Reguler ditujukan untuk keperluan operasional yang dibutuhkan oleh satuan pendidikan seperti membeli alat multimedia untuk kegiatan belajar mengajar, penerimaan siswa/i baru dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, besaran dana BOS yang diberikan Pemerintah untuk sekolah dihitung berdasarkan peserta didik yang terdaftar di sekolah tersebut. Peraturan itu tertuang dalam Permendikbud No.8 Pasal 6 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah. (wk1/mlo)




Pos terkait