Disdukcapil Bandarlampung Beri Layanan Akses Perubahan Data Kependudukan Secara Online

  • Whatsapp
Kepala Disdukcapil Kota Bandarlampung, Zainuddin

Medialampung.co.id – Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung terus berinovasi memberikan kemudahan kepada masyarakat tanpa harus hadir ke Kantor Disdukcapil, masyarakat sudah dapat mengakses dan merubah data kependudukan sendiri.

Kepala Disdukcapil Kota Bandarlampung, Zainuddin mengatakan, untuk perubahan dan penambahan data sudah bisa dilakukan oleh warga sendiri. Dapat melalui nomor aplikasi WhatsApp 0821-8085-2455 atau melalui website disdukcapil.bandarlampungkota.go.id

Bacaan Lainnya


“Untuk merubah data kependudukan pada prinsipnya sama, lengkapi semua prosedur harus diikuti persyaratannya, bukan semau-mau. Untuk perubahan bisa secara manual boleh atau melalui website dan WA bisa,” katanya saat ditemui di lingkungan kantor pemkot setempat, Kamis (25/3).

Zainuddin menjelaskan, untuk perubahan atau penambahan data penduduk bisa dengan menyertakan surat keterangan kelahiran dan nama lengkap. “Contoh jika ada yang mau menambahkan data anak bisa membawa kartu keluarga (KK) yang lama dan membawa surat keterangan kelahirannya sudah diberi nama. Terus KK asli di foto, surat kelahiran difoto dan surat nikah difoto. Setelah selesai nanti bisa di pdf kan dan dikeluarkan oleh Disdukcapil,” jelasnya.

Dirinya juga memastikan, KK yang lama tetap berlaku dan KK yang baru sudah ada barcodenya bisa langsung diprint sebagai bukti KK asli. “Kan sudah ada barcodenya untuk mengecek apakah asli atau tidak,” terangnya.

“Kebijakan ini merupakan dari Kementerian Dalam Negeri yang memberikan kemudahan dalam merubah data kependudukan seperti KK. Dan setiap orang dapat mengakses dan mendaftarkan perubahan sendiri,” pungkasnya.(*/mlo)




Pos terkait