Disdukcapil dan UAP Sosialisasikan Aplikasi GETUK SEWU ke Aparat Pekon

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Aparat pekon mulai mendapat bimbingan teknis dan sosialisasi Aplikasi “Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu” (GETUK SEWU).

Aplikasi hasil kerja bareng Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu rencananya akan diterapkan pada 60 Pekon di 9 Kecamatan Kabupaten Pringsewu.

Bacaan Lainnya

Penerapan aplikasi GETUK SEWU ke 60 Pekon tersebut dilaksanakan selama tiga hari 30, 31 Agustus serta, 1 September dengan dibagi beberapa sesi dan jam berbeda.

Kadis Dukcapil Pringsewu Nazri Syauti, S.H., didampingi Sekretaris Dukcapil Sudarsih, S.E., Kabid PIAK Suyatno mengatakan, pihaknya mengundang Kepala Pekon dan Operator untuk Memorandum of Understanding dengan Disdukcapil dalam pendampingan Pekon/Desa Pintar dalam hal ini terkait dengan Aplikasi GETUK SEWU.

“Aplikasi GETUK SEWU menjadi penunjang Pekon/Desa Pintar pada setiap Pekon dari sisi pengelolaan Administrasi Kependudukan,” harapnya.

Pengembangan Aplikasi Gerakan Tertib Urusan Kependudukan di Pringsewu merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pringsewu berkolaborasi dengan Fakultas Teknologi dan Informatika UAP. Yakni sebagai bentuk kemudahan dan kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat dalam hal kegiatan pelayanan adminduk berbasis pekon/desa secara langsung melalui operator pekon, GETUK SEWU melayani seluruh Administrasi Kependudukan, kecuali KTP dan KIA.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (pendampingan) dipandu oleh Ketua Akselerasi Fakultas Teknologi dan Informatika UAP Zulkifli, S.T., M.Kom bersama dosen dan mahasiswa UAP.

“Aplikasi GETUK SEWU Alhamdulillah sudah berjalan di 5 pekon, dan total pengajuan yang telah terselesaikan oleh Disdukcapil kurang lebih 300 pengajuan,” jelas Zulkifli.(sag/mlo)


Pos terkait