Disdukcapil di Lampung Siap Layani Pembuatan e-KTP Transgender

  • Whatsapp
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh

Medialampung.co.id – Berdasarkan berita yang dikutip dari Bisnis.com, Demi mendorong kesetaraan hak mendapatkan pelayanan publik bagi seluruh warga negara Indonesia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil akan membantu transgender membuat KTP elektronik (e-KTP).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga telah mendorong jajaran Ditjen Dukcapil untuk proaktif memaksimalkan pemberian pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat tanpa diskriminasi, termasuk para transgender.

Bacaan Lainnya


Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa Ditjen Dukcapil berkomitmen membantu memudahkan para transgender untuk mendapatkan mendapat dokumen kependudukan terutama KTP-el, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

“Dukcapil seluruh Indonesia akan membantu teman-teman transgender untuk mendapatkan dokumen kependudukan,” ujar Zudan mengutip keterangan resmi Kemendagri, Sabtu (24/4).

Saat dikonfirmasi terkait kesiapan pembuatan e-KTP/KTP-el untuk transgender di Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh mengaku siap melayani dengan catatan sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

“Kita siap melayani pembuatan e-KTP transgender. Dan di e-KTP nanti tetap ada identitas laki-laki ataupun perempuan. Jadi setelah ada keputusan pengadilan perubahan gender, kita proses kita akan buat seperti perubahan dari laki-laki menjadi perempuan,” jelasnya, Jumat (21/5).

Ia melanjutkan di Lampung sendiri siap melayani selama persyaratan terpenuhi.

“Ia jadi intinya Provinsi Lampung sendiri siap melayani selama bukti pendukung semua terpenuhi,” tambahnya.

Ia juga mengatakan untuk 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung saat ini belum ada terdata penduduk yang melakukan transgender.

“Ya, untuk  saat belum ada, kalaupun ada nanti pasti terdata,” pungkasnya. (ded/mlo)




Pos terkait