Disdukcapil Siap Jemput Bola Layani Pembuatan Akta Pernikahan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lambar siap turun kelapangan jemput bola untuk pembuatan akta pernikahan bagi warga non muslim. 

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukcapil Sumiyati mengungkapkan, berdasarkan data yang ada di Disdukcapil jumlah warga non muslim di Kabupaten Lambar yang telah menikah sebanyak 1.608 pasang namun yang mempunyai akta pernikahan baru 1.068 pasang sedangkan sisanya belum mengurus akta pernikahan.

Bacaan Lainnya

“Sementara untuk Januari-Februari tahun 2021 baru ada delapan pasang yang akta pernikahannya kita terbitkan, rinciannya Januari empat pasang dan Februari empat pasang,” ungkap Sumiyati.

Dikatakannya, guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Lambar khususnya yang beragama non muslim, pihaknya telah melaksanakan pelayanan pencatatan akta perkawinan secara keliling. 

“Kita sudah bekerjasama dengan rumah ibadah dan tokoh agama serta masyarakat agar memberitahukan kami jika ada acara pernikahan. Kita siap memberikan pelayanan pembuatan akta perkawinan dengan cara jemput bola langsung datang ke gereja-gereja atau ke lokasi pernikahan lainnya. Hal itu dilaksanakan untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan akta perkawinan bagi pasangan yang menikah,” ucapnya

Selain dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan dalam hal pembuatan akta pernikahan, juga untuk meningkatkan realisasi pembuatan akte pernikahan sebagai salah satu upaya tertib administrasi. 

Pihaknya mengimbau kepada warga non muslim yang ingin membuat akte perkawinan agar segera mengurus sekaligus mendaftar di Disdukcapil atau bisa menghubungi petugas Disdukcapil.(lus/mlo)


Pos terkait