Disdukcapil Tanggamus Permudah Pembuatan KIA Bagi Pelajar

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi Kartu Identitas Anak (KIA)

Medialampung.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus mempermudah pembuatan kartu identitas anak (KIA) bagi semua pelajar. 

Sekretaris Disdukcapil Darma Setiawan mewakili Kadisdukcapil Maradona, mengatakan, hal itu sebagai upaya pihaknya untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan. 

Bacaan Lainnya


“Kami melayani pembuatan KIA dari mulai tingkat PAUD sampai SMP. Kemudahan karena sudah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan,” kata Darma Setiawan.

Ia mengaku, kemudahan mulai teknis pengajuan pembuatan. Saat ini sekolah menerima pengajuan pembuatan, siswa cukup menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga dan foto anak yang akan buat KIA, selanjutnya sekolah akan mengirimkannya ke Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (SPLP) yang ada di tiap kecamatan. Selanjutnya SPLP meneruskannya ke Disdukcapil Tanggamus untuk diproses. 

“Jadi sekarang membuat KIA cukup dari foto KK dan foto anak yang dikirimkan dari SPLP. Kami mempermudah proses pembuatan supaya semua anak punya KIA,” ujarnya.

Ia menambahkan setelah KIA tersebut jadi lalu akan dikirimkan ke kecamatan atau diambil pihak kecamatan.

Kemudian diserahkan ke SPLP dan diteruskan ke sekolah masing-masing dari siswa, terobosan ini menurutnya lebih mudah jika dibandingkan dulu yang harus datang ke disdukcapil untuk membuat KIA. Maka sekarang cukup dari sekolah masing-masing. 

“Persyaratan cukup foto saja tanpa harus memperlihatkan dokumen KK. Begitu juga dengan fotonya bisa dari ponsel atau foto yang sudah ada selama ini untuk difoto lagi, dan kita juga tetap melayani jika ada orang tua yang mengajukan pembuatan KIA anaknya melalui dinas,” tandasnya.(ehl/rnn/mlo)




Pos terkait