Disdukcapil Waykanan Layani Pembuatan Adminduk Secara Online

  • Whatsapp
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Waykanan, Drs. Paryanto

Medialampung.co.id – Covid-19 menimbulkan banyak polemik yang membuat banyak terciptanya kebijakan maupun jenis pelayanan baru di Kabupaten Waykanan. Pelayanan yang dulunya biasa dilakukan secara tatap muka, sekarang banyak dilakukan dengan cara dalam jaringan atau online.

Salah satunya adalah pelayanan pembuatan administrasi kependudukan (adminduk) seperti Kartu Keluarga atau Kartu tanda Penduduk yang sekarang ini bisa dilakukan secara online tanpa perlu datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Waykanan.

Bacaan Lainnya

Drs. Paryanto, selaku Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Waykanan menjelaskan, bahwa sosialisasi mengenai pelayanan online ini sendiri sudah dilakukan dari jauh-jauh hari.

“Mulai dari Spanduk yang sudah kami sebar, ataupun melalui grup yang ada di aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp juga sudah kami sebarkan,” jelasnya, Rabu (28/7)

“Sebelumnya memang masih ada banyak sekali masyarakat yang masih belum tahu mengenai hal ini. Itulah mengapa pada awalnya masyarakat masih saja sering datang ke kantor Dukcapil, padahal memang sudah diarahkan untuk secara online semua. Tapi, sekarang sudah mulai banyak yang tahu hingga mereka tidak perlu lagi datang kesini,” lanjutnya.

Paryanto meneruskan, Pelayanan dalam masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro ini lumayan berkurang. 

“Beberapa waktu ini semakin sedikit masyarakat yang melakukan perubahan KK atau KTP, mungkin karena PPKM yang sedang berlangsung seperti sekarang ini,” terang Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Waykanan tersebut seraya menambahkan kalau memang tidak terlalu mendesak, pembuatan administrasi kependudukan itu ditunda dulu untuk sementara.(sah/mlo)


Pos terkait