Dishub Imbau Kendaraan Tidak Lebihi Tonase di Ruas Jalan Kabupaten

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengimbau pengguna jalan yang melintasi ruas jalan Kabupaten terutama kendaraan angkutan berat agar dapat memperhatikan tonase, mengingat kapasitas jalan kabupaten hanya dapat dilalui kendaraan angkutan dengan kapasitas sekitar delapan ton.

Kadishub Pesbar, Henry Dunan, S.E, S.H, M.H., mengatakan kondisi di beberapa titik ruas jalan Kabupaten di Pesbar hingga kini sudah mulai ditingkatkan. Karena itu, masyarakat pengguna jalan harus berperan untuk menjaganya, salah satunya bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan angkutan agar tidak melebihi batas maksimal tonase jalan itu.

Bacaan Lainnya

“Hal ini bertujuan agar kondisi jalan tidak cepat rusak. Mengingat di beberapa titik jalan kabupaten hingga kini masih kerap dilalui kendaraan angkutan seperti muatan kayu, tandan buah segar (TBS) sawit dan lainnya yang diduga over tonase,” katanya, Jumat (5/11).

Dikatakannya, kondisi itu harus menjadi perhatian bersama agar ruas jalan Kabupaten di Pesbar tidak cepat rusak. Untuk mengantisipasi hal itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemkab setempat telah memasang portal terkait tonase kapasitas jalan, seperti ruas jalan kabupaten di Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah.

“Dengan dilakukan pemasangan portal jalan itu diharapkan dapat dipatuhi masyarakat, karena itu untuk kepentingan bersama,” jelasnya.

Ditambahkannya, di tahun anggaran 2021 Dishub Pesbar masih melakukan pemasangan rambu-rambu peringatan di beberapa titik ruas jalan Kabupaten yang  menjadi kewenangan Kabupaten Pesbar. 

Untuk itu, pihaknya berharap rambu-rambu yang telah dipasang itu dapat dijaga dengan baik. Mengingat sebelumnya banyak kondisi rambu-rambu peringatan yang dirusak oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Pemasangan rambu-rambu jalan bertujuan sebagai peringatan dan pemberitahuan bagi pengendara yang melintas di ruas jalan Kabupaten terutama jalan di sekitaran pusat ibukota Kabupaten ini,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait