Dishut Lampung Prioritaskan Pendataan Database Potensi Hutan Produksi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yayan Ruciyansah

Medialampung.co.id – Saat ini Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Lampung tengah melakukan pendataan database potensi hutan produksi.

“Langkah pertama di triwulan I tidak hanya mengenai potensi wisata, tapi detail seperti dimana lokasi wisatanya, prospeknya, dan lainnya,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yayan Ruchyansyah kepada medialampung.co.id di ruang kerjanya, Rabu (13/1).

Bacaan Lainnya


“Mudah-mudahan di triwulan pertama itu sudah tercapai. Kemudian di bulan Februari rencananya akan dilaksanakan ‘Ngobrol Pintar Seputar Hutan’ (Ngopi Hutan) bersama Unila yang akan membicarakan bagaimana teknis pengambilan data sehingga database yang diharapkan terealisasi,” ujarnya.

Terusnya, tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk menampilkan nilai positif dari hutan tidak hanya dari sisi ekologis seperti menghasilkan air, penghasil oksigen menahan banjir dan seterusnya melainkan ingin menampilkan nilai sisi positif yang lain seperti dari sisi potensi produksi.

Ia juga mengatakan saat ini hutan 62 persen dalam kondisi baik.

“Kondisi hutan saat sudah 62 persen kondisi baik. Program yang sudah dilakukan baik rehabilitasi maupun Pembinaan masyarakat alhamdulillah sudah membuat kondisi hutan sekitar 62 persen dalam kondisi yang baik,” ungkapnya.

Untuk hutan seluas 564.000 hektar diberikan kewenangan kepada pemerintah Provinsi Lampung terbagi menjadi hutan lindung,hutan produksi dan hutan Tahura. Dan sekitar 85 persen saat ini sudah ada aktivitas manusia di dalamnya. 

“Jadi mengarahkan ke pemberdayaan bagaimana supaya petani nya aktif  dalam melakukan pengelolaan hutan. Khususnya Lampung saat ini pengelolaan hutan tidak lepas dari keberadaan petani. Petani harus menjadi bagian dari kehutanan,” pungkasnya. (ded/mlo)




Pos terkait