Dishut Satukan Persepsi Bangun Hutan Lewat Ngopi Hutan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Lampung gelar Ngopi Hutan (ngobrol pintar tentang hutan) ketiga kalinya yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Rabu (31/3).

Kegiatan tersebut dengan tema “Kolaborasi mitra dalam membantu pemerintah” dihadiri para Interpretive Structural Modeling (ISM) yang selama ini berkiprah membantu masyarakat di dalam dan sekitar hutan, kesatuan pengelolaan hutan (KPH) dan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) . 

Bacaan Lainnya


Tujuannya kegiatan tersebut menyamakan persepsi bahwa bersinergi akan memberi hasil yang lebih optimal daripada bekerja sendiri.

Dalam pembukaannya kepala dinas kehutanan Yanyan Ruchyansyah menyampaikan bahwa kawasan hutan di Provinsi lampung lebih dari 80% telah ada aktivitas manusia didalamnya.

“Saat ini untuk mengelola dan mengurus kawasan hutan tidak dapat diselesaikan hanya oleh dinas kehutanan, akan tetapi dibutuhkan peran dari berbagai sektor,” ungkapnya.

Lanjutnya, Akan tetapi peran itu harus terkoordinir sehingga sesuai dengan kebutuhan dan memiliki ritme yang sama dengan dinas kehutanan menjadi pihak juga diberi kewenangan oleh Pemerintah. 

Acara tersebut dipandu oleh Budi Santoso Budiman dari Rumah Kolaborasi dan dilaksanakan secara hybrid, mendapat sambutan antusias dari para peserta yang bersepakat untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam membangun hutan kemudian nantinya dapat memberi kesejahteraan pada masyarakat untuk mencapai Lampung Berjaya.

“Ngopi hutan ini diharapkan akan ditindaklanjuti dengan aksi nyata di lapangan,” pungkasnya. (ded/mlo)




Pos terkait