Diskes Lambar Sosialisasi STBM Plus di Pekon Pampangan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), mengunjungi Pekon Pampangan, Kecamatan Sekincau, dalam rangka sosialisasi Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Plus di GSG pekon setempat, Rabu (23/6). 

Disampaikan petugas Bidang Kesling Puskesmas Sekincau Subagio, S.Md,KL, mendampingi Kepala UPT Puskesmas Martalena, S.Si, sosialisasi tersebut program lanjutan atau Pilar dari program sebelumnya stop buang air besar (BAB) sembarangan, Open Defecation Free (ODF). “Kegiatan hari ini sosialisasi teknis pembentukan Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) dalam rangka PDTD, STBM Plush,” ungkapnya. 

Bacaan Lainnya

Lanjut pihaknya, STBM Plush merupakan program pemerintah dalam menekan terjadinya angka gizi buruk (stunting) dan Tuberkulosis (TB), atau secara umum peningkatan sanitasi kesehatan sasaran masyarakat miskin. 

Subagio berharap dengan adanya kegiatan itu khususnya Pekon Pampangan yang menjadi salah satu penerima STBM Plush bebas angka stunting dan TB, Dan kedepannya diikuti pekon dan keluarahan lainnya di Lambar.

Kabid Erna Yanti, A.P.T. S.Pam, M.Ph, mewakili Kadiskes dr Widiatmoko Kurniawan melalui Kasi Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja dan Olahraga, Darwin Setiawan, SKm., mengatakan, tahun ini lima pekon dari Empat kecamatan yang mendapatkan program pusat tersebut yakni di Kecamatan Sekincau Pekon Pampangan, Kecamatan Sumberjaya Pekon Waypetai dan Kelurahan Tugusari. Kecamatan Kebuntebu, Pekon Purajaya, dan Kecamatan Belalau, Pekon Hujung.

“Program ini berupa penyaluran bantuan berbentuk fisik seperti tempat cuci, tempat sampah dengan sasaran keluarga miskin punya balit atau akses kesehatan lingkungan masih kurang baik, upaya dalam mengurangi angka stunting dan TB.atau secara umum peningkatan sanitasi kesehatan sasaran masyarakat miskin,” ujarnya. 

Dalam sosialisasi itu hadir Kasi Kesra Kecamatan Sekincau Misno, S.E., Peratin Agung Imam Prasetyo dan jajaran aparatur serta tim dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sekincau, Babinsa dan Babinkamtibmas. (r1n/mlo)




Pos terkait