Diskes Lamtim Gelar Pelatihan KIE Keamanan Pangan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Informasi yang benar tentang keamanan pangan sangat dibutuhkan masyarakat.

Karenanya, Dinas Kesehatan Lampung Timur menggelar pelatihan komunikasi informasi edukasi (KIE) tentang keamanan pangan kepada masyarakat dan industri.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang digelar di Hotel Yestoya Kecamatan Wayjepara itu diikuti 50 peserta yang terbagi dalam 4 kelas. Peserta dari kegiatan itu antara lain masyarakat dan industri rumah tangga .

Kepala Dinas Kesehatan Lamtim dr. Nanang Salman Saleh melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Sri Umiyani menjelaskan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia dan pemenuhannya merupakan hak asasi. Karenanya, pangan harus tersedia dalam jumlah yang cukup, bermutu, aman bergizi dan beragam dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat .

“Hak untuk memperoleh pangan yang aman dan bergizi  adalah sama tingkatannya dengan hak untuk bebas dari kelaparan,” jelasnya, Rabu (30/12).

Dilanjutkan, penyelenggaraan pelatihan KIE keamanan pangan merupakan upaya untuk menghindarkan masyarakat dari jenis pangan yang berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, melalui kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat serta produsen terhadap mutu dan keamanan pangan sesuai peraturan  perundang-undangan yang ada.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat agar dapat melindungi dirinya dari makanan yang tidak memenuhi ketentuan kesehatan dan mengerti tentang pentingnya keamanan pangan,” terangnya didampingi Kasi kesehatan lingkungan Jurnawati.  (wid/mlo)

Pos terkait