Diskominfotik Belajar Penerapan Aplikasi SiKAMDO di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) terkait pembelajaran penerapan Aplikasi Sistem Kendali Administrasi Sikamdo Online (SiKAMDO).

Dalam kunjungan kerja itu, tim Diskominfotik Pemprov Lampung dipimpin oleh Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik M. Hartawan, S.Ip. dan diterima langsung Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pesbar, Elvin Yonanda, S.Ip, M.M.,

Bacaan Lainnya




Kedatangan tim Diskominfotik Lampung itu dalam rangka studi tiru penerapan SiKAMDO yang kini  diterapkan oleh Pemkab Pesbar, bahkan sudah mendapat pengakuan secara nasional. Hal itu dibuktikan dengan telah diraihnya sejumlah nominasi penghargaan level nasional dengan SiKAMDO dipilih sebagai salah satu yang diunggulkan sebagai penerapan digitalisasi pemerintahan di Kabupaten Pesbar

Dalam kesempatan itu, Kabid Hartawan menyampaikan kedatangan rombongan merupakan perintah langsung Kepala Diskominfotik Provinsi Lampung Ir. Achmad Chrisna Putra, NR. MEP. yang sewaktu menjabat sebagai Pjs Bupati Pesisir Barat menilai penerapan Aplikasi SiKAMDO milik Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat sudah cukup baik bahkan sudah ditiru oleh beberapa Kabupaten di Provinsi Lampung.

“Maka dari itu kami ingin mengetahui lebih dalam perihal penerapan aplikasi SiKAMDO ini, sehingga bisa diterapkan di Diskominfotik Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Elvin Yonanda, mengaku aplikasi SiKAMDO merupakan aplikasi yang  sederhana, dibuat dengan latar belakang permasalahan proses pengajuan kerjasama media secara manual dinilai kurang efektif serta keterbatasan ruang arsip dokumen maka dipandang perlu melakukan terobosan sebagai penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sehingga terciptalah Aplikasi SiKAMDO tersebut.

“Pada awal penerapan SiKAMDO ini tentu memiliki tantangan yang penuh suka duka, perlu kesabaran dan pendampingan kepada setiap media serta sempat mengalami penolakan karena dianggap ribet, sulit, dan lainnya,” kata dia.

Tapi tambahnya, pada hakikatnya dengan keberadaan SiKAMDO itu, tentu justru membantu para insan media guna lebih efektif dalam menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Pesbar. 

“Tahun ini merupakan tahun kedua penerapan SiKAMDO Pesisir Barat, kedepan akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo).


Pos terkait