Diskoperindag Gelar Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Lambar menggelar pelatihan manajemen pengelolaan usaha di Aula Rumah Makan Sahabat Utama Pekon Sebarus Kecamatan Balikbukit, Rabu-Jumat (2-4/12).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Nata Djudin Amran serta dihadiri Kepala Diskoperindag Yudha Setiawan, S.I.P, narasumber dari Bandiklat Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Hendrik N.L Tobing dan Konsultan Pendamping dari UPTD PLUT Provinsi Lampung Tampubolon dan Somiawan, dari BRI Cabang Liwa Kardo Fedly, dan KP2KP Liwa Petrus Suardi serta pelaku usaha pemula dan aktif dari 15 kecamatan.

Bacaan Lainnya


Dalam sambutannya, Nata Djudin Amran mengungkapkan, kegiatan usaha baik mikro, kecil maupun menengah sebagai salah satu usaha ekonomi kerakyatan perlu dilakukan pemberdayaan untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha dan perekonomian masyarakat. 

Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah maka perlu adanya pengelolaan manajemen usaha yang baik dan terarah sehingga usaha yang dilaksanakan dapat lebih efektif dan efisien.

“Melalui kegiatan manajemen yang benar maka seorang pemimpin akan mampu mengelola sebuah usaha dengan benar dan terarah. Manajemen yang baik akan membuat sebuah usaha mampu bergerak secara dinamis dan tidak stagnan,” ungkap Nata

Menurut Nata, manajemen merupakan pengaturan yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih teratur, terencana dan pada akhirnya akan mendapatkan hasil dan tujuan yang lebih baik.

“Saya berpesan kepada segenap peserta, agar menggunakan kesempatan ini sebaik baiknya untuk menimba ilmu terkait dengan manajemen pengelolaan usaha semaksimal mungkin, sehingga memperoleh hasil optimal dan mampu diandalkan untuk merealisasikan program kerjanya kedepan. Kepada peserta juga diharapkan untuk tetap menjaga kesehatan selama mengikuti pelatihan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 agar tetap menjaga jarak, mencuci tangan serta memakai masker,” pungkas Nata.

Sementara Kepala Diskoperindag Yudha Setiawan mengungkapkan, tujuan kegiatan pelatihan manajemen pengelolaan usaha ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan tata kelola usaha, produktif, pemasaran serta jejaring kemitraan bisnis. Kemudian, meningkatkan pengetahuan peserta dalam mengelola usaha sesuai dengan praktek bisnis yang ada, serta meningkatkan kemampuan peserta di bidang pembukuan dan akuntansi keuangan usaha sehingga dapat mengerjakan sesuai dengan aturan yang ada.

“Peserta pelatihan ini merupakan pelaku usaha pemula dan aktif yang berasal dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Lambar,” ungkap Yudha 

Seraya menambahkan, narasumber pelatihan manajemen pengelolaan usaha berasal dari Bandiklat Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Hendrik N.L Tobing dan Konsultan Pendamping dari UPTD PLUT Provinsi Lampung Tampubolon dan Somiawan, dari BRI Cabang Liwa Kardo Fedly, dan KP2KP Liwa Petrus Suardi. (lus/mlo)




Pos terkait