Diskoperindag Pesbar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako Jelang Ramadhan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan bahan pokok (Sembako) menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah Tahun 2021 mendatang.

Kabid Perdagangan Pesbar, Suparmi, S.Ip, M.M., mendampingi Kepala Diskoperindag setempat, Herizan, S.E, M.M., mengaku sejauh ini harga kebutuhan pokok masih relatif stabil, begitu juga dengan stok kebutuhan pokok diyakini tidak terkendala terutama menjelang Ramadhan mendatang. Meski begitu pihaknya juga tetap akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung terkait kondisi kebutuhan pokok.

Bacaan Lainnya

“Koordinasi yang akan dilakukan ke Provinsi dan pihak terkait lainnya nanti untuk memastikan stok kebutuhan pokok di masyarakat tidak kehabisan dan tetap terpenuhi secara maksimal,” katanya, Kamis (4/3).

Sehingga, kata dia, diharapkan saat menjelang maupun selama Ramadhan hingga Idul Fitri nanti, stok kebutuhan pokok tidak terkendala, sehingga tidak berdampak pada lonjakan harga kebutuhan pokok itu sendiri. Karena, memang lonjakan harga kebutuhan pokok yang kerap terjadi di Pesbar ini sangat dipicu dengan stok barang.

“Jika stok kebutuhan pokok itu langka, maka harganya pun akan naik. Hal itu biasanya terjadi saat menjelang dan selama Ramadhan hingga Idul Fitri. Sehingga ini menjadi kekhawatiran kita bersama,” jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi kenaikan harga dan kelangkaan stok kebutuhan pokok terjadi, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Provinsi maupun semua stakeholder terkait. Dalam waktu dekat, pihaknya juga berencana akan melakukan monitoring kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional yang ada di Pesbar ini untuk mengetahui kondisi terkini harga dan stok kebutuhan pokok menjelang Ramadhan tahun ini.

“Mengingat bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah diperkirakan jatuh pada pertengahan April 2021 mendatang. Artinya, sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Sebelum memasuki bulan Ramadhan itu kita harus sudah ada informasi mengenai stok dan harga kebutuhan pokok itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait